Wednesday 10 July 2024

Waspada Modus Baru Penipuan Telepon Mengatasnamakan BPJS Kesehatan dan Kepolisian!



Modus penipuan canggih berbasis telepon kembali mengancam masyarakat. Kali ini, para pelaku kejahatan memanfaatkan teknologi suara otomatis dan penyamaran sebagai petugas BPJS Kesehatan dan keikutsertaan aparat kepolisian untuk menjerat korbannya.

 

Kasihumas Polresta Yogyakarta AKP Sujarwo menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap panggilan mencurigakan yang mengatasnamakan instansi resmi. Seperti yang disampaikan melalui sebuah tayangan video akun media sosial dari @ngksulitkok.  Modus ini melibatkan penggunaan teknologi canggih untuk menipu masyarakat melalui panggilan telepon yang mengatasnamakan asuransi kesehatan yakni BPJS Kesehatan.

 

Para pelaku kejahatan menggunakan sistem suara otomatis yang menyerupai operator BPJS Kesehatan. Mereka menginformasikan bahwa kartu kesehatan korban akan dinonaktifkan, memicu kepanikan dan kebingungan. Tujuannya adalah untuk membuat panik korban sehingga mendorong korban untuk menekan tombol tombol yang diarahkan seperti “untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan tekan 0”, yang kemudian korban terhubung dengan penipu yang menyamar sebagai customer service asuransi BPJS Kesehatan.

 

Selanjutnya, pelaku akan mengarahkan korban ke skenario yang semakin rumit. Pelaku mengklaim adanya penyalahgunaan akun BPJS untuk pemesanan obat-obatan terlarang. Penipu kemudian menawarkan bantuan dengan berpura-pura menghubungkan korban ke pihak kepolisian.

 

Dalam tahap berikutnya, penipu yang menyamar sebagai polisi akan meminta informasi sensitif tentang rekening bank korban. Mereka menggunakan alasan palsu seperti pelacakan akun dan pemeriksaan transaksi mencurigakan. Puncaknya, penipu akan meminta korban untuk mentransfer uang ke rekening yang mereka sebut sebagai "rekening aman" untuk proses pemeriksaan.

 

AKP Sujarwo menegaskan bahwa ”ini adalah modus penipuan” BPJS Kesehatan dan Kepolisian tidak pernah meminta informasi sensitif atau meminta transfer uang melalui telepon. Jika Anda menerima panggilan mencurigakan seperti ini, segera putuskan sambungan dan laporkan ke kantor polisi terdekat.

 

Himbauan ini ditujukan untuk masyarakat supaya selalu waspada dan berhati-hati. Jangan mudah terpengaruh oleh ancaman atau janji-janji yang tidak masuk akal. Verifikasi selalu informasi yang Anda terima dengan menghubungi langsung ke nomor resmi instansi terkait.

 

Mari bersama-sama terus berupaya untuk memberantas kejahatan siber dan melindungi masyarakat. Mari bersama-sama memerangi penipuan dengan meningkatkan kewaspadaan dan berbagi informasi ini kepada keluarga serta kerabat. Keamanan kita adalah tanggung jawab bersama. (Magang)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top