INOVASI

Daftar Inovasi Polresta Yogyakarta Dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM):

1. Bagops:
  • PASTI (Pengamanan Simpatik Tempat Ibadah), melibatkan polisi yang beragama non muslim dan personel Polwan untuk mengamankan dan memberikan pelayanan saat berlangsungnya ibadah shalat Jumat. Selain itu, pengamanan dan pelayanan juga diberikan kepada jemaat saat misa di Gereja-gereja serta pengamanan tempat ibadah lainnya di wilayah Kota Yogyakarta.
  • Pelibatan personel Staf, baik dari Polresta Yogyakarta maupun jajaran Polsek untuk memberikan pelayanan malam hari di kawasan Malioboro.
2. Bagsumda:
  • Gudeg Yogya (Gerakan Sedekah untuk Yogya), dengan menyisihkan sebagian rezeki personel Polresta Yogyakarta dan Polsek jajaran dan disalurkan ke warga tidak mampu diharapkan dapat meringankan beban ekonomi sehingga dapat mengurangi angka kriminalitas mengingat salah satu penyebab kriminalitas di antaranya adalah tuntutan ekonomi.
  • Satu Hati (Sabtu Sepeda Sehat Polri), dengan diadakan olah raga bersama Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta setiap hari Sabtu akan mampu meningkatkan sinergitas sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kota Yogyakarta.
  • POPKEMA (Polisi Peduli Kedukaan Masyarakat). Setiap ada warga yang meninggal di wilayah Kota Yogyakarta, polisi hadir di rumah duka untuk takziah dan mendoakan kepada jenazah. Selain itu, polisi juga memberikan pelayanan serta pengawalan jenazah hingga ke pemakaman.
  • Jumat Berbagi. Program inovasi dilakukan oleh Bagsumda untuk para jamaah setelah shalat Jumat di Masjid Baiturrahman dengan membagikan snak atau makan siang.
  • Rabu Beriman. Program keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan membaca Al-Quran dan tahlil serta pengajian tausiyah di Masjid Baiturrahim bagi personel beragama muslim. Bagi agama non muslim juga beribadah menurut keyakinan masing masing di ruang Patriatama.
  • Jari Lima (Jumat Lari Pagi 5 KM). Dengan rutin berolah raga, personel Polresta Yogyakarta dan Polsek jajaran akan lebih sehat dan juga lebih kompak guna penunjang tugas menjaga kamtibmas.
3. Satsabhara:
  • PADI BERSERI (Patroli Srikandi Bersama Malam Hari). Melibatkan personel Polwan melaksanakan patroli sepeda saat malam hari di hari libur saat keramaian meningkat khususnya di kawasan tengah kota di antaranya Tugu, Malioboro, Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan.
  • PATSERO (Patroli Sepatu Roda). Dengan menggunakan sepatu roda, personel Satsabhara dan Polwan melaksanakan patroli di kawasan Jalan Malioboro saat malam hari.
  • SATGAS GUMATON (Satuan Tugas Pengamanan khusus jalur Tugu, Malioboro dan Keraton). Melibatkan personel Unipamobvit atau lebih dikenal dengan polisi pariwisata dan menguasai bahasa asing akan lebih membantu wisatawan saat membutuhkan pertolongan.
  • PMF (Patroli Multi Fungsi). Unit patroli beranggotakan satuan sabhara yang mampu menguasai tugas umum dan fungsi lain melakukan patoli ke sejumlah titik rawan.
4. Satlantas:
  • SIMMAMI (SIM Malam Minggu). Pelayanan SIM Keliling malam hari digelar setiap sabtu malam (malam minggu) dan beroperasi di pusat keramaian tengah kota yakni di Malioboro dengan tujuan memudahkan akses warga masyakarat yang akan melakukan perpanjangan SIM A maupun SIM C.
  • Safety Riding; dilaksanakan oleh Unitdikyasa Satlantas dengan mendatangi sejumlah sekolah untuk memberikan penyuluhan keselamatan berlalu-lintas dan memberikan pelatihan "Safety Riding" kepada pelajar. Selain sekolah, polisi juga menyasar karyawan-karyawan di sejumlah perusahaan maupun komunitas-komunitas lain.
  • TAPS (Traffict Announcer Point System). Petugas Unitdikyasa setiap pagi maupun sore hari saat melakukan pengaturan lalu-lintas pagi hari memberikan imbauan keselamatan berlalu-lintas menggunakan alat pengeras suara di sejumlah titik simpang di wilayah Kota Yogyakarta.
  • Polisi Mengajar. Dengan mendatangi sekolah-sekolah, petugas Unitdikyasa Satlantas memberikan pembelajaran tentang keselamatan berlalu lintas.
  • PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Membentuk kader kader generasi penerus yang disiplin berlalu lintas dengan memberikan pelatihan dan membentuk siswa sebagai petugas PKS yang mampu membantu tugas polisi seperti pengaturan arus lalu-lintas dan penyeberangan jalan di lingkungan sekolah.
5. Satintelkam:
  • SKCK Online. Dengan mengakses https://skck.polri.go.id/ warga masyarakat pemohon Surat Keterangan Catatan Kriminal bisa lebih mudah mendaftar dan mengisi formulir dengan mudah dan leluasa.
  • SKCK Peduli Difabel dan Lansia. Program Inovasi ini mendatangi rumah pemohon SKCK untuk para difabel dan lansia setiap hari Selasa dan Rabu dengan mnghubungi nomor Whatsapp 081805309740