Tuesday 9 July 2024

BPIP Gelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perlindungan Pelajar, Mahasiswa, dan Penyandang Disabilitas

 


Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema "Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual dan Perlindungan Bagi Pelajar, Mahasiswa serta Penyandang Disabilitas" di Bangsal Kepatihan Puro Pakualaman pada hari Senin (8/7/2024).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Staf Khusus Presidenan, perwakilan Kementerian PUPR, BPIP, Komisi Nasional Disabilitas, akademisi, Dinas Pendidikan DIY, penyandang disabilitas, dan mahasiswa.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Drs. H. Sampeyan Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa yang tidak bertentangan dengan agama. "Pancasila adalah kesepakatan mulia yang menyatukan tekad semua orang dan golongan untuk memerdekakan Indonesia," ujarnya.

 

Hadir sebagai pembicara utama, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. selaku Kepala BPIP menegaskan pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan pendidikan, khususnya pondok pesantren. Beliau juga menyampaikan harapan agar generasi muda yang berkarakter Pancasila dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

Kegiatan sosialisasi ini diisi dengan berbagai paparan dari narasumber, seperti Ibu Angkie Yudistia (Staf Khusus Presidenan), Dr. Rima Agristina (Wakil Kepala BPIP), dan Prof. Iwan Satriawan (Guru Besar UMY). Para narasumber menyampaikan materi tentang pentingnya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, serta perlindungan bagi pelajar, mahasiswa, dan penyandang disabilitas.

 

Kapolsek Pakualaman, Kompol Suharyanta, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta agar tetap menanamkan dan menjunjung tinggi rasa saling menghargai dan menghormati Hak Asasi Manusia, serta menciptakan bangsa yang nasionalis dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh rakyat Indonesia.

 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, serta perlindungan bagi pelajar, mahasiswa, dan penyandang disabilitas.

 

Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan meningkatkan kesadaran akan bahaya kekerasan seksual, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua orang. (Humas Polsek Pakualaman)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top