Monday 10 June 2024

Sosialisasi Pencegahan Kekerasan dan Bullying di SDN Tegalrejo III

 


Maraknya kasus kekerasan dan bullying di sekolah dasar mendorong Kemantren Tegalrejo bersama berbagai pihak terkait untuk mengadakan sosialisasi pencegahan kekerasan anak dan perundungan di SDN Tegalrejo III. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Juni 2024 pagi, dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua anak.

 

Sosialisasi ini dikemas dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak, seperti menampilkan roleplay tentang bullying, pertunjukan sulap, dan doorprize. Selain itu, anak-anak juga diajari tentang bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan cara menghadapi situasi sulit ketika mengalami bullying.

 

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kricak, Bripka Demas Arya Sena dari Polsek Tegalrejo menjelaskan bahwa kegiatan ini penting untuk mencegah terjadinya kekerasan dan bullying di sekolah. "Kita harus bersama-sama mencegah kekerasan dan bullying agar anak-anak kita bisa tumbuh dengan baik dan bahagia," ujarnya.

 

Kekerasan dan bullying dapat memberikan dampak buruk bagi mental anak, baik bagi pelaku maupun korban. Pelaku bullying dapat menjadi kurang empati dan menganggap tindakan mereka normal, yang berpotensi menjerumuskan mereka ke tindak kriminal lainnya. Bagi korban, bullying bisa menyebabkan trauma bahkan depresi.

 

Oleh karena itu, upaya pencegahan melalui sosialisasi seperti ini perlu terus dilakukan untuk menciptakan sekolah yang aman dan ramah anak. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara orang tua, guru, dan murid untuk mencegah terjadinya kekerasan dan bullying di sekolah. (Humas Polsek Tegalrejo)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top