Monday 8 July 2024

Personel Gabungan Amankan Wayangan dan Lampah Ratri di Puro Pakualaman

 


Personil gabungan dari Polsek Pakualaman dan Polresta Yogyakarta diterjunkan untuk mengamankan kegiatan Wayang Kulit dan Lampah Ratri (Topo Bisu Mubeng Beteng Pakualaman) dalam rangka Suronan Puro Pakualaman di halaman depan Puro Pakualaman, Kota Yogyakarta, pada Minggu malam (7/7/2024).

 

Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan memastikan kelancaran serta ketertiban acara. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan orang, termasuk Abdi Dalem Puro Pakualaman dan warga masyarakat pecinta wayang kulit dari Pakualaman dan sekitarnya.

 

Untuk memeriahkan acara, ditampilkan pertunjukan wayang kulit dengan lakon "Sesaji Rajasuya" oleh Ki Margiyono Darmawiguna dari Yogyakarta.

 

Setelah pertunjukan wayang kulit selesai, dilanjutkan dengan ritual Lampah Ratri. Rute Lampah Ratri dimulai dari Regol barat puro ke kanan, Apotik suci ke selatan, Surokarso, LP ke utara, Sentul ke timur, Lawan arus Jl. Ki Mangunsarkoro, Jl. Gayam ke barat, Rusunawa ke selatan, Jl. Jagalan, Simpang Sayidan ke timur, Permata ke timur, Jl. Sultan Agung, masuk pintu timur, lurus ke utara, Jl. Purwanggan, Simpang 3 ke kiri, dan finish masuk ke Puro Pakualaman dari pintu sisi barat.

 

Acara Suronan Puro Pakualaman ini merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Suro (Muharram) dalam penanggalan Jawa. Tujuannya untuk memperingati 1 Muharam dan sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rahmat dan karunia Allah SWT.

 

Kapolsek Pakualaman, Kompol Suharyanta, mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung dan peserta acara. "Kami ingin memastikan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib, sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan penuh khidmat," jelas Kompol Suharyanta.

 

Kegiatan Suronan Puro Pakualaman berjalan dengan lancar dan khidmat. Masyarakat yang hadir terlihat antusias mengikuti rangkaian acaranya. Kehadiran Polri dalam mengamankan acara ini pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak. (Humas Polsek Pakualaman)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top