Tuesday 9 July 2024

Kapolsek Kraton Amankan Hajad Kawulo Dalem Lampah Budaya Mubeng Beteng dalam Rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024

 


Kapolsek Kraton AKP Dwi Pujiastuti S.H., M.M., bersama jajaran serta Danramil Kraton Mayor CAj K Erni S. S.Pd melaksanakan pengamanan Hajad Kawulo Dalem Lampah Budaya Mubeng Beteng. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H/2024 serta Tahun Baru Sura Je 1958.

 

Kegiatan mubeng beteng ini diikuti oleh ribuan orang, yang terdiri dari Abdi Dalem Kraton Yogyakarta dan masyarakat umum. Acara dimulai di Keben Kraton dan dibuka oleh GKR Mangkubumi bersama para sesepuh Kraton Yogyakarta.

 

Acara dimulai dengan pembacaan Mocopat dan doa bersama di Bangsal Ponconiti. Hajad Dalem ini diadakan oleh Pangguyuban Abdi Dalem Kaprajan Karaton Yogyakarta, dimulai dari Keben/Bangsal Ponconiti, memutari luar beteng Kraton, dan kembali ke titik awal. Lampah madya ini dilepas oleh GKR Mangkubumi di area Keben Kraton saat acara sedang berlangsung, diikuti oleh para peserta.

 

Pelestarian budaya mubeng beteng sudah dikenal luas oleh masyarakat Yogyakarta dan dinantikan oleh warga serta masyarakat luar DIY yang turut memperingati Tahun Baru Sura. Tradisi ini menjadi warisan budaya yang terus dilestarikan.

 

Polsek Kraton berperan dalam pengamanan acara ini dari tahun ke tahun, memastikan kelancaran arus lalu lintas serta terselenggaranya acara dengan baik tanpa adanya gangguan kamtibmas di wilayah Kraton Yogyakarta. (Humas Polsek Kraton)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top