Talk Show Radio Retjo Buntung, Polsek Ngampilan Kedepankan SSDP Dalam Mencegah Aksi Kejahatan Jalanan


Yogyakarta- Polsek Ngampilan menyapa masyarakat dengan memberikan sejumlah pesan kamtibmas dalam acara Talk Show di Radio Retjo Buntung 99.4 FM, Kamis (5/3/2020).

Bhabinkamtibmas Ngampilan Bripka Harisdi didampingi Bripka Apco dan Bripda Anifta Nuraini kali ini menjadi narasumber dalam talk show bertajuk Satu Sekolah Dua Polisi (SSDP) wilayah Polsek Ngampilan.

Program SSDP merupakan program Kapolresta Yogyakarta dalam rangka upaya pembinaan anak sekolah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Sekolahan terkait. Adapun tujuan SSDP ini dilaksanakan dalam pencegahan penanganan kenakalan remaja atau aksi kejahatan jalanan yang dilakukan oleh kalangan remaja

"Kita selalu bersinergi dengan guru BK untuk membina anak yang kelebihan energi untuk memantau dan mengarahkan ke kegiatan positif," jelas Bripka Harisdi.

Program SSDP dilaksanakan di tingkat SMA untuk tingkat SMP dalam pemantauan apabila perlu dan berpotensi terlibat kenakalan remaja akan diberikan SSDP.

Bripka Harisdi menambahkan SSDP dilaksanakan di 47 sekolah di seluruh DIY dan diberlakukan sejak 2017 silam.

Sementara Bripda Anifta menyampaikan dalam program SSDP, petugas selalu berkoordinasi dengan sekolah saat memasuki masa orientasi siswa sebagai pembentukan karakter siswa dari SMP ke SMA.

Sebagian besar pembentukan karakter anak terbentuk dari keluarga dan pihak polisi juga melakukan koordinasi dengan orang tua melalui forum antara guru dan orang tua.

"Program SSDP ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan tentunya untuk menanggulangi permasalahan kenakalan remaja," ungkap Bripda Anifta.

Bripka Apco menyampaikan dalam SSDP Polsek Ngampilan mengisi kegiatan diantaranya memberikan pembinaan penyuluhan ke sekolah-sekolah tentang kenakalan remaja.

"Dismping sosialisasi, setiap bubaran sekolah kita mengantisipasi anak sekolah yang nongkrong dan di malam hari juga ada program patroli rutin yang ditingkatkan (KRYD) untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan," tegasnya.

Dengan adanya program SSDP khususnya di wilayah Ngampilan kenakalan remaja yang disebabkan kelompok anak sekolah berkurang dan situasi kamtibmas cukup kondusif dan tidak terulang kejadian yang lalu.

Diakhir penyampaiannya Polsek Ngampilan menyebutkan untuk SSD ini diharapkan bisa meningkatkan sinergitas dengan pihak sekolah dan orang tua untuk mencetak generasi yang unggul dengan lebih memperhatikan anak-anak agar tidak terjerumus ke jalan yang salah dan merugikan anak-anak.

Pages