Patroli Sabhara Ke Mesin-mesin ATM Antisipasi Kejahatan Skimming

Satsabhara- Guna mengantisipasi kejahatan perbankan maupun penipuan online melalui Automatic teller Machine (ATM), petugas Satsabhara Polresta Yogyakarta mengintensifkan patroli ke mesin-mesin ATM. Patroli tersebut dilakukan oleh petugas setiap hari baik siang maupun malam, seperti petugas pada Senin (14/11/16) dini hari di sebuah ATM kawasan Jalan Sudirman Yogyakarta.

Ditemui pagi ini, Kasatsabhara menjelaskan bahwa salah satu prioritas polisi saat berpatroli pada mesin-mesin ATM adalah mengecek ada tidaknya alat skimming yang mungkin dipasang oleh pelaku kejahatan. Skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban yang biasanya dilakukan dengan memasang alat kecil di lubang masuk kartu.
Kompol Paino, S.Ag, MA menambahkan jika selain untuk memastikan tidak ada alat skimming yang terpasang pada mesin ATM, polisi juga melakukan cek terhadap stiker-stiker yang terpasang di box ATM. Jika menemukan stiker ilegal yang dipasang oleh pelaku kejahatan untuk mengarahkan nasabah menghubungi nomor tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk kejahatan.

"Polisi dari Sabhara juga akan memberikan pelayanan kepada para nasabah yang kesulitan dalam bertransaksi menggunakan mesin ATM saat petugas berada di lokasi," tambahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel