Peringatan Hari Lahir Pancasila, Polresta Yogyakarta Gelar Upacara Bendera


Yogyakarta- Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni, jajaran Polresta Yogyakarta menggelar upacara bendera di halaman depan Mapolresta Yogyakarta pada Jumat (01/05/2018).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Yogyakarta AKBP Armaini, S.IK, diikuti oleh jajaran personel dari Polresta maupun dari Polsek jajaran.

Dalam amanatnya, Kapolresta Yogyakarta menyampaikan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo.

"Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia dan bertahan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika yang akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia." jelas Kapolresta Yogyakarta.

"Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaaan, sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur." tambahnya.

Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangasih Indonesia kepada masyarakat dunia.

"Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya." pungkas Kapolresta Yogyakarta.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel