Polresta Yogyakarta Ikuti Upacara Hari Nusantara 2015 DIY

Jogja - Untuk memperingati Hari Nusantara Tahun 2015 Pemerintah DIY menggelar Upacara di Stadion Mandala Krida pada Minggu (13/12/15) pagi. Selaku Inspektur Upacara adalah Danlanal DIY Kolonel Kartoli, S.E. yang diikuti oleh TNI, Polri, PNS dan para siswa sekolah. Setelah pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Naskah Deklarasi Juanda, Irup membacakan Pidato Menteri Kelautan pada amanat upacara.
Upacara Hari Nusantara 2015 DIY di Stadion Mandala Krida
Diantara isi pidato Menteri Kelautan tersebut, Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut antarpulau pun merupakan wilayah Republik Indonesia dan bukan kawasan bebas. Perjuangan negara Indonesia ini menjadikan Indonesia sebagai kepulauan terluas di dunia. Selain itu Deklarasi Djuanda juga mengandung makna penyatuan wilayah dan kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan.

Upacara Hari Nusantara merupakan upacara yang digelar guna memperingati Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Hadir pula sebagai tamu undangan pada pelaksanaan upacara, para pejabat FKPD DIY dan FKPD Kota Yogyakarta diantaranya Kapolresta Yogyakarta yang diwakili oleh Kasatlantas Kompol Sugiyanto, S.E., M.A.. Upacara yang berlangsung selama kurang lebih 45 menit tersebut berlangsung hikmat. (BM)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel