Polsek Kotagede Sampaikan Pesan ke Masyarakat Terkait Aksi Kejahatan Jalanan, Ortu Punya Peranan Besar


Yogyakarta- Personel Polsek Kotagede memberikan berbagai pesan kamtibmas kepada pendengar radio saat melakukan talk show teras kota di Radio Sonora 97.4 FM Jalan Suroto Kotabaru, Yogyakarta, Jumat (14/2/2020).

Bertindak sebagai narasumber Panit Binmas Polsek Kotagede Aiptu Dwiyanto Nugroho, SH dan Panit Lantas Aiptu Nur Alim, SH menyampaikan terkait dengan Edukasi Lalu Lintas dan Kenakalan Remaja di wilayah Polsek Kotagede.

Aiptu Dwiyanto menyebutkan situasi kamtibmas di wilayah Kotagede relatif aman walaupun juga ada hal-hal yg perlu diwaspadai terkait dengan anak nongkrong yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah Kotagede.

"Dari data Kepolisian kejadian kejahatan jalanan di wilayah Kotagede akhir-akhir ini tidak ada akan tetapi perlu antisipasi karena banyak faktor terjadinya aksi seperti itu," jelas Aiptu Dwiyanto

Ia menambahkan selaku orang tua kita perlu antisipasi hal tersebut bekerja sama melakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan petugas Kepolisian.

Sementara Aiptu Nur Alim menjelaskan berkaitan dengan lalu lintas di Kotagede. Ia mengatakan arus lalu lintas di Kotagede relatif aman terkendali walaupun di wilayah perbatasan dengan Bantul banyak pendatang baik pekerja, anak sekolah dan kegiatan lainnya di wilayah Kota Yogyakarta membuat lalu lintas padat.

Walaupun padat lalu lintas tetap lancar karena dari petugas Polsek Kotagede melakukan pengaturan arus lalu lintas pagi sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman dalam berlalu lintas.

"Disamping itu wilayah kotagede banyak cagar budaya yang membuat jalan sempit sehingga harus tetap sabar dalam berlalu lintas," imbuh Aiptu Nur Alim.

Menyikapi kenakalan remaja dari Polsek Kotagede sudah melakukan pembinaan ke sekolah menyampaikan terkait dengan pencegahan kenakalan remaja dan memberikan pesan kamtibmas karena hal ini sangat penting.

"Peran serta orang tua yang anaknya berenergi lebih perlu diminimalisir karena bagaimanapun juga anak-anak merupakan generasi penerus sehingga anak-anak tidak terjeremus ke hal negatif," ungkapnya.

Apabila terjadi kenakalan remaja, Polsek Kotagede lebih mengedepankan kearifan lokal dalam menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan fokus ke dalam pembinaan remaja dengan harapan menjadi anak yang lebih baik.

Aiptu Nur Alim lebih lanjut menyebutkan patroli dari Polsek Kotagede dilakukan ke tempat-tempat nongkrong terutama di warung-warung dan menghimbau kepada ppemilik warung dan selain itu menghimbau ke warnet game online untuk tidak menerima anak-anak melewati batas jam malam.

Di akhir talk show Aiptu Dwiyanto dan Aiptu Nur Alim menghimbau agar tidak pulang terlalu malam untuk menghindari kejahatanan jalanan yang kemungkinan terjadi dimana saja.

"Kita pasti merespon 24 jam apabila ada laporan masyarakat dan kami dari petugas Polsek Kotagede akan menindak lanjuti laporan dan mendatangi ke lokasi kejadian," pungkasnya Aiptu Dwiyanto.

Pages