Monday 31 May 2021

Polsek Gondomanan Pengamanan Vaksinasi Massal di SMA Santa Maria

 


Gondomanan, Yogyakarta - Vaksinasi massal di SMA Santa Maria, Prawirodirjan Gondomanan digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Pukesmas Gondomanan, Minggu (30/5) pagi.

Untuk mengawal jalannya vaksinasi tersebut, Polsek Gondomanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Kompol Purwanto, S.H. bersama dengan satgas Covid-19 Kemantren Gondomanan bersiaga di lokasi.

Kapolsek Gondomanan mengatakan vaksinasi dilakukan demi upaya mencegah dan memutus rantai penularan covid 19. Vaksin yang digunakan adalah produk Sinovac, dengan jumlah vaksin yang ditargetkan 756 orang. 

Kapolsek mengatakan peserta vaksinasi di antaranya adalah tokoh agama dan tokoh masyarakat RT, RW, termasuk Ketua Pengurus Kampung, PKK, LPMK, Lansia dan warga Gondomanan.

Adapun Proses / Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dibagi menjadi empat Tahapan antara lain :

– Meja 1 (Pendaftaran dan Verifikasi) : calon penerima vaksin menunjukkan e-ticket dan bukti identitas
– Meja 2 (Skrining) : petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan kesehatan sederhana untuk melihat kondisi kesehatan serta mengidentifikasi ada tidaknya penyakit penyerta. Bila calon penerima vaksin sehat, vaksinasi dapat dilanjutkan
– Meja 3 (Vaksinasi) : calon penerima vaksin diberikan Vaksin Covid-19 secara aman
– Meja 4 (Pencatatan dan Observasi) : petugas kesehatan mencatat hasil pelayanan vaksinasi. Penerima vaksinasi diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) Selesai observasi, penerima vaksin memperoleh kartu vaksinasi.

Kapolsek menambahkan, kegiatan vaksinasi tahap 1 dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama diadakan pada tanggal 23 mei 2021 dan tahap 2  tanggal 30 mei 2021, untuk vaksinasi dosis ke 2 menunggu konfirmasi dari Dinas kesehatan Kota Demikian Kata Kapolsek Gondomanan dalam memberikan arahan kepada Masyarakat pada saat itu.

Kemudian masyarakat diminta untuk tetap patuhi Protokol Kesehatan. Dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top