Talk Show Teras Kota Radio Sonora 97,4 fm, Aiptu Sunedi : Awasi Anak dan Waspada Jelang Tahun Baru


Yogyakarta- Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunungketur Kecamatan Pakualaman Aiptu Sunedi menyapa masyarakat dalam talk show teras kota radio Sonora 97,4 fm Jalan Suroto, Kotabaru, Yogyakarta, Jumat (6/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Sunedi menyampaikan situasi kamtibmas di wilayah Pakualaman secara umum aman dan kondusif.

Ia menyebutkan Kecamatan Pakualaman memiliki 2 Kelurahan yakni Kelurahan Gunungketur dan Kelurahan Purwokinanti dimana setiap kelurahan memiliki satu polisi yakni Bhabinkamtibmas yang bertugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum dan lain sebagainya.

Kecamatan Pakualaman memiliki beberapa objek vital diantaranya Puro Pakualaman, Kediaman Wakil Gubernur dan rumah tahanan Wirogunan sehingga membutuhkan kehadiran Polisi untuk menjaga keamanan dan kondusifitas kawasan tersebut.

Dalam menjaga kamtibmas Polsek Pakualaman melaksanakan berbagai kegiatan Kepolisian dimana ada kegiatan rutin seperti patroli dan pengawalan tahanan. Sementara kegiatan insidentil di Pakualaman diantaranya pengamanan Grebeg dan kunjungan dari negara lain.

Aiptu Sunedi selanjutnya menyampaikan untuk mengatasi masalah kenakalan remaja bisa diidentifikasi dari faktornya baik internal ataupun eksternal.

Faktor keluarga menjadi peran penting membentuk sikap kepribadian seorang remaja dimana orang tua bisa merangkul anaknya untuk tidak terjerumus ke lingkungan yang tidak baik.

"Dari Polsek Pakualaman menghimbau dengan adanya program kembali ke meja makan agar anggota keluarga makan secara bersama-sama dan bisa saling sharing" ungkapnya.

"Selain itu diusahakan untuk mengawasi pergaualan anak dan harus peduli dengan anak ketika bermain dengan temannya dan jangan sampai pulang larut malam" imbuhnya.

Selain itu, dari Polresta Yogyakarta dan khususnya Polsek Pakualaman rutin melakukan patroli dan menyambangi tempat-tempat yang biasa digunakan untuk nongkrong setiap akhir pekan.

"Apabila kami menemui remaja nongkrong kami berikan himbauan untuk pulang ke rumah masing-masing" jelasnya.

Menjelang natal dan tahun baru, petugas Kepolisian juga sudah melakukan persiapan-persiapan pengamanan dan tentunya pengalihan arus mengingat semakin banyaknya volume kendaraan di wilayah Yogyakarta.

"Kami menghimbau untuk selalu berhati-hati menjelang natal dan tahun baru apabila hendak bepergian jangan memakai perhiasan yang mencolok" himbaunya.

Ia juga berpesan kepada para pelajar untuk menyalurkan kegiatan positif disela kesibukan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan menghindari segala bentuk tindakan kriminal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pages