Polresta Yogyakarta Siap Amankan Prosesi Mubeng Beteng



Jogja- Petugas Kepolisian dari Polresta Yogyakarta siap mengamankan jalannya Prosesi Mubeng Beteng yang menjadi tradisi rutin masyarakat dan Kraton Yogyakarta. Tradisi rutin tersebut dilaksanakan setiap malam pergantian tahun Jawa. Pihak Kraton sebelumnya telah menetapkan bahwa tanggal 1 Suro 1949 jatuh pada Kamis tanggal 15 Oktober 2015. Dari hal tersebut kemungkinan besar puncak tradisi Mubeng Beteng Kraton Yogyakarta akan dilaksanakan Rabu (14/10/15) malam.

Pada puncak pelaksanaan prosesi Mubeng Beteng Kraton Yogyakarta nantinya, Polresta Yogyakarta akan menerjunkan lebih dari 200 personelnya guna mengamankan acara tersebut. Kabagops Polresta Yogyakarta Kompol Sigit Haryadi, S.Ik selaku pengendali pengamanan akan menempatkan petugas kepolisian di berbagai lokasi. Penempatan petugas dilakukan untuk mengamankan jalannya prosesi dan mengurai kepadatan saat acara berlangsung. Hal itu disampaikan Kompol Sigit saat ditemui di ruangannya.

Selain Mubeng Beteng Kraton Yogyakarta, tradisi serupa juga dilaksanakan oleh warga masyarakat dan Abdi Dalem Puro Pakualaman dengan melakukan tradisi Mubeng Beteng Puro Pakualaman. Pengamanan di kawasan Puro Pakualaman akan dilakukan oleh Polsek Pakualaman yang dipimpin langsung oleh Kapolsek. (BM)

Sumber: http://www.jogjatribratanews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel