Ribuan Warga Saksikan Perayaan Grebeg Maulud 1439 H



Jajaran Polresta Yogyakarta melaksanakan pengamanan Grebeg Maulud tahun Dal 1951 di kawasan Kraton Yogyakarta hingga Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada Jumat (01/11/2017).

Pagelaran Grebeg Maulud 12 Rabiul Awal 1439 H ini merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Disaksikan oleh ribuan masyarakat, prosesi gerebeg Maulud tahun Dal 1951 Keraton Yogyakarta mengeluarkan delapan buah gunungan. Satu di antara gunungan itu adalah Gunungan Bromo yang akan dikeluarkan setiap 8 tahun sekali di Tahun Dal berdasarkan penanggalan tahun Jawa.

Sebelum dimulainya prosesi Grebeg Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti secara langsung memberikan sambutannya.

"Terima kasih warga masyarakat yang sudah datang untuk perayaan Grebeg tahun ini dengan Gunungan yang digelar delapan tahun sekali. Diharapkan untuk masyarakat tetap tertib dan perebutan Gunungan dilaksanakan setelah selesai di doakan." ucapnya
 
Prosesi  grebeg dikawal oleh prajurit kraton sebanyak 10 Bregodo (10 pasukan) di Pracimosono yang dipimpin oleh Pandegohadir pula Manggala Yudha dan Pimpinan Petinggi Kraton yaitu GBPH Yudhaningrat yang didampinngi oleh Abdi dalem.

Setelah serangkaian prosesi selesai kemudian Gunungan yang telah didoakan diperebutkan oleh warga masyarakat yang dipercaya membawa keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan manusia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel