-->

Tuesday 15 May 2018

Barracuda Polisi Ikut Menjadi Saksi Pernikahan 10 Pengantin di Yogyakarta


Yogyakarta- Jika biasanya kendaraan Barracuda (lebih dikenal: Panser) digunakan sebagai kendaraan evakuasi saat terjadi kerusuhan. Namun kali ini tampak jauh sekali berbeda. Satu unit kendaraan taktis (rantis) milik Satbrimobda DIY menjadi saksi atas janji suci 10 pengantin pada nikah massal yang digelar Senin (14/5/2018) sore di depan Gedung DPRD DIY.

Penampilan mobil barracuda ini juga tidak segarang hari-hari sebelumnya. Saat digunakan sebagai tempat ijab qabul itu justru terlihat cantik. Hal tersebut dikarenakan, hiasan ornamen bunga-bungaan tertempel pada kendaraan militer tersebut.


Kegiatan melakukan ijab qabul di atas Barracuda Polisi tersebut merupakan rangkaian acar dari agenda nikah massal yang digelar oleh Fortais.


Penggagas acara sekaligus Ketua Fortais, Ryan Budi Nuryanto menjelaskan alasan menggunakan Pancasila dan bendera merah putih sebagai mas kawin pernikahan para peserta nikah massal.

"Saat ini banyak terjadi krisis kemanusiaan di mana-mana, khususnya negeri ini baru dilanda kurangnya rasa kebangsaan, maka dengan dilakukannya pernikahan digarapkan dapat ditanamkan rasa kebangsaan dan cinta terhadap NKRI," terang Ryan.


Ia menambahkan bahwa 11 pasangan ikut serta dalam nikah massal sore hari itu, dan 10 diantaranya melangsungkan ijab qobul di atas kendaran panser, sedangkan satu pasang lainnya sudah melakukan prosesi pernikahan di gereja sehari sebelumnya.


Beberapa hal unik ditemui dalam kegiatan nikah massal kali ini, tidak hanya melantangkan janji sehidup semati di atas kendaraan lapis baja, mas kawin para pengantin juga tidak lazim, seperti layaknya pernikahan pada umumnya.


Jika pernikahan pada umumnya menggunakan benda semacam seperangkat alat salat, uang atau perhiasan sebagi mas kawin, dalam nikah masal kali itu, mas kawin yang digunakan adalah pembacaan Pancasila dan bendera merah putih.


Lebih lanjut, dirinya berharap agar pasangan yang menikah dapat menemukan kebahagiaanya setelah mengucapkan janji suci pernikahan.


"Harapannya agar dapat tercipta pasangan yang sejahtra lahir dan batin melalui acara ini," pungkasnya.

Show comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top