Penyuluhan Etika dan Kesopanan SD N Surokarsan, Aiptu Dewa Ayu Ajak Siswa Terapkan Dalam Kehidupan


Mergangsan- Bhabinkamtibmas Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan Aiptu Dewa Ayu melaksanakan penyuluhan etika dan kesopanan dalam bertingkah laku bermasayarakat kepada siswa-siswi SD N Surokarsan, Selasa (09/04/2019).

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Dewa Ayu menyampaikan anak-anak perlu memahami etika dan kesopanan dalam kehidupan bermasyarakat serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Etika dan kesopanan harus dimiliki oleh setiap anak sejak usia dini agar anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsan yang luhur dan berbudaya.

Ia menambahkan sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari - hari setiap orang, karena dengan menunjukan sikap santunlah, seseorang dapat diharagai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antara sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma-norma / etika-etika dalam melakukan  hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Di era modern seperti ini handphone memang sangatlah penting untuk berkomunikasi akan tetapi "unggah-ungguh" terhadap orang yang lebih tua harus tetap dijaga. Etika dan kesopanan dapat dilakukan seperti halnya mengucapkan permisi ketika sedang lewat didepan orang. Selain itu mengucapkan maaf apabila berbuat kesalahan, meminta tolong apabila membutuhkan bantuan dan berterimaksih setelah mendapatkan bantuan juga merupakan bagian dari etika dan kesopanan.

"Sopan santun dapat dimulai dari lingkungan keluarga dengan menghormati dan berbakti kepada orang tua." tuturnya.

Aiptu Dewa Ayu mengajak anak-anak SD N Surokarsan menerapkan etika dan kesopanan dalam kehidupan bermasyarakat mulai dari lingkup keluarga, teman, sekolah dan masyarakat umum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel