Monday 20 June 2022

Polsek Kraton Kawal Pemindahan Kereta Pusaka Milik Keraton

 


KRATON -  Senin tanggal 20 Juni 2022 pukul 10.30 Wib sampai  11.45 Wib di Museum Kreta Jl. Rotowijayan Kraton Yogyakarta telah berlangsung kegiatan  Pemindahan Kereta Pusaka Milik Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dari museum Kereta ke Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang diikuti kurang lebih 30 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut GBPH. Condrodiningrat, Raden Ryo Condrokusumo, KRT. Kusumo Negoro, Abdi Dalem Konco Kaji Kraton Ngayogyakarta Hadimingrat dan KHP. Nitiya Budaya.

Adapun 8 Kereta yang di pindahkan ke Pagelaran Kraton 

a. Kareta Kanjeng Nyai Jimat
b. Kareta Kyai Manik Retno
c. Kareta Kyai Jolodoro
d. Kareta Rotopraloyo
e. Kareta Landower Surabaya
f. Kareta Landower Wisman
7. Kareta Kus no.10.
8. Kareta Kapulitin.

Kegiatan pemindahan kereta dari museum kereta ke pagelaran Kraton sebelum berlangsung di adakan acara sugengan (selametan) terlebih dahulu, yang dipimpin oleh Abdi Dalem Konco Kaji Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kegiatan pemindahan Kereta dari Museum Kereta ke Bangsal Pagelaran tersebut, sehubungan dengan akan dilakukannya renovasi Museum Kerata selama 6 bulan kedepan dan selanjutnya kereta Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut akan di pamerkan pada Pameran " Jaya Patra, Dedikasi Yogyakarta Bagi Bangsa " di Bangsal Pagelaran. Pemeran ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan kenaikan Tahta Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X ke 33 yang akan berlangsung tanggal 7 Maret 2022 s.d Agustus 2022.

Untuk jumlah keseluruhan kereta yang di pindahkan dari Museum Kereta ke Pagelaran Kraton sebanyak 23 buah kereta.

Kapolsek kraton Kompol Sukamto SH bersama anggota melaksanakan pengamanan giat tersebut.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top