Friday 24 June 2022

Rapat Koordinasi Forkopimtren Mergangsan Bersama Tokoh Masyarakat Kampung Bintaran

 


Mergangsan. Guna menjaga keamanan wilayah Polsek Mergangsan Polresta Yogyakarta diperlukan sinergitas antara TNI Polri dan warga masyarakat, diruang Mufakat Kemantren Mergangsan telah berlangsung Rapat Koordinasi Forkopimtren Mergangsan bersama Tokoh masyarakat Kampung Bintaran Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta, Jum'at (24/6/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan Pargiyat, S.IP., Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto, S.H., Danramil Mergangsan diwakili Babinsa Mergangsan Serka Danang, Kanit Binmas Polsek Mergangsan Iptu Mayar, Lurah Wirogunan Ibu Nining, Ketua RT dan RW Kampung Bintaran Kelurahan Wirogunan.

Bahwa dalam rakor tersebut membahas permasalahan dan perkembangan situasi Kamtibmas, kesehatan, toleransi dan komunikasi lintas sektoral di wilayah Kecamatan Mergangsan khususnya Kampung Bintaran. Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto menyampaikan tentang gangguan Kamtibmas yaitu ada 2 tempat di wilayah Mergangsan yang menjadi perhatian khusus yaitu Prawirotaman dan kampung Bintaran yang akhir-akhir ini sering terjadi permasalahan atau penganiayaan, terkait permasalahan kejadian-kejadian penganiayaan yang terjadi di kampung Bintaran merupakan perbuatan kriminal dan untuk menekan kejadian tersebut supaya tidak terulang kembali perlu adanya koordinasi dari RT, RW dan pengurus Kampung termasuk para ketua suatu ormas maupun kelompok untuk mencari solusi supaya kejadian kriminal tidak terulang lagi, karena suatu tempat apabila ada berbagai kelompok didalamnya akan berdampak munculnya permasalahan di tempat tersebut. 

Bahwa kasus kriminal saat ini sering terjadi yang dilakukan anak-anak bisa diproses dengan cara diversi, kalau dilakukan oleh orang dewasa akan diproses sesuai hukum yang ada. Masyarakat dan para tokoh diminta setiap ada kejadian korban untuk didorong membuat laporan supaya bisa diproses sesuai hukum yang berlaku, perlu ditindaklanjuti dan menjadi perhatian bersama serta mencari solusi dan jalan keluar terbaik dengan para tokoh, figur publik, ketua Ormas serta perangkat RT / RW setempat untuk menciptakan kondusifitas.

Nantinya melalui Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat akan sering sambang memberikan himbauan-himbauan kepada para orang tua adalah langkah yang baik dalam memantau anak-anaknya khususnya pada malam hari supaya tidak keluar rumah dengan tujuan yang tidak jelas dan memberikan shok terapi terhadap tokoh yang sering membuat keributan secara administrasi untuk tertib berkependudukan supaya setiap memproses suatu permasalahan bisa lebih mudah. Dikarenakan banyak didatangi anak-anak dari luar kampung Bintaran yang kemudian nongkrong disuatu tempat pada minum minuman keras dan membuat keributan. 

Tokoh Masyarakat dari tingkat RT, RW dan tokoh Agama meminta pihak Kepolisian untuk menindak tegas siapa saja yang sering melakukan keributan dengan membawa senjata tajam dengan santainya seolah olah tidak takut dengan hukum. Dengan adanya Rapat koordinasi Forkopimtren ini membahas serta mencari solusi terbaik penyelesaian masalah di Kampung Bintaran dan saya sebagai Kapolsek Mergangsan bersama Bhabinkamtibmas maupun unsur terkait akan mendatangi langsung untuk menyampaikan pesan himbauan secara langsung dan melakukan pembicaraan untuk menekan kejadian kriminal tidak terulang lagi, ucap Kompol Rachmadiwanto, S.H.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top