Biddokkes Polda DIY Sosialisasikan Penyakit Difteri di Polresta Yogyakarta


Penyuluhan penyakit Difteri oleh Biddokkes Polda DIY digelar di aula lantai 3 Polresta Yogyakarta pada Selasa (23/01/2018) pagi.

Dihadiri oleh Wakapolresta Yogyakarta AKBP Ardiyan Mustakim, S.I.K dan jajaran personel Polresta Yogyakarta, penyuluhan tersebut dipandu oleh tim Biddokkes Polda DIY AKBP Dr. Devina.

AKBP Dr. Devina menyampaikan tentang pengertian penyaki Difteri, Gejala Difteri, Penularan Difteri dan pencegahan penyakit Difteri.

Difteri merupakan penyakit infeksiyang disebabkan kuman corybacterim Diphtheriae ditandai dengan adanya peradangan pada tempat infeksi, terutama pada selaput bagian dalam saluran pernapasan bagian atas, hidung dan juga kulit. Penyakit ini sangat mudah menular dan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada 5-10 % penderita.

"Gejala Difteri penyakit difteri ialah radang tenggorokan dan serak, hidung berair, tenggorokan sakit saat menelan, sulit untuk bernafas, kelenjar getah bening di leher bengkak dan demam disertai menggigil" ujar AKBP Dr. Devina.

Beliau juga menghimbau agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta membiasakan mencuci tangan setelah beraktivitas karena penyakit Difteri juga dapat menyerang pada remaja bahkan dewasa.

"Pencegahan yang paling efektif yakni dengan melakukan imunisai dan selalu menjaga kesehatan." pungkas AKBP Dr. Devina.