700 Personil Polresta Yogyakarta Amankan Kirab Api Obor Asian Games 2018


Yogyakarta- Sebanyak 700 personil Polresta Yogyakarta dan  Brimob Polda DIY diterjunkan untuk mengamankan kegiatan Torch Relay Asian Games 2018, Kamis (19/07/2018).

Torch Relay Asian Games ini meliputi Kirab Api obor Asian Games 2018 dari Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang resmi disatukan dengan api dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah setelah sebelumnya melalui prosesi Konser Kirab Obor di Lapangan Brahma,  Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu (18/7/2018).

Setelah api disatukan, oleh legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti dan juga mantan petenis andalan Indonesia, Yustejo Tarik, api tersebut kemudian diserahkan pada wakil Presiden Jusuf Kalla.

Api yang sudah disatukan tersebut, kemudian diserahkan kepada pebulutangkis asal Yogyakarta, Kinarsih. Api obor yang diterima Kinarsih itu selanjutnya diarak keliling melalui pawai obor di Yogyakarta, yang dimulai dari Pagelaran Kraton.

Api Obor yang dinyalakan oleh Sri Sultan HB X di pagelaran Kraton, Kamis (20/7/2018) kemudian diserahkan kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, sebagai pelari obor pertama, selanjutnya Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. sebagai pelari obor kedua.

Kemudian api obor tersebut dilanjutkan pelari selajutnya melalui rute yang sudah ditentukan yakni dari Pagelaran Kraton menuju titik nol km, mengarah ke RS PKU Muhammadiyah. Kirab kemudian mengarah ke Jalan Bhayangkara-Teteg-Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan-Jokteng Kulon-Ngabean-Ngampilan-Pingit-Tugu Yogyakarta.

Selama jalannya kirab api obor Asian Games 2018 dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Kemudian Api obor tersebut di arak menuju ke Surakarta Jawa Tengah.