Aiptu Tugiman Hadiri Sosialisasi PJB Puskesmas Kraton



Kraton- Aiptu Tugiman Panitbinmas Polsek Kraton menghadiri sosialisasi terkait dengan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) oleh Puskesmas Kraton di Balai RW Suryoputran Kecamatan Kraton, Jumat (30/11/2018).

Sosialisasi ini dihadiri oleh tamu undangan jajaran unsur Forkompimca kecamatan Kraton dan Warga Suryoputran. Diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan salah satunya dengan melakukan pemberantasan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah.

Pemeriksaan jentik berkala adalah pemeriksaan tempat-tempat perkembang biakan nyamuk Aedes aegypti yang dilakukan secara teratur oleh petugas Puskesmas atau kader atau petugas pemantau jentik (jumantik). Kegiatan ini termasuk memotivasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan agar melakukan pencegahan demam berdarah.

Cara PJB adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat umum untuk memeriksa tempat penampungan air (TPA), non TPA, dan tempat penampungan air alamiah, didalam dan diluar rumah/bangunan serta memberikan penyuluhan tentang PSN DBD kepada keluarga. Jika ditemukan jentik, anggota keluarga atau pengelola TTU diminta untuk melihat/menyaksikan, kemudian lanjutkan dengan PSN DBD (3M atau 3M plus). Lalu memberikan penjelasan dan anjuran PSN DBD kepada keluarga dan pengelola kebersihan tempat umum.

Dengan program tersebut, Aiptu Tugiman selaku pihak Kepolisian mendukung dalam upaya pencegahan demam berdarah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel