Kapolsek Kraton Pimpin Pengamanan Jalannya Prosesi Kondur Gongso


Kraton- Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti, S.IKom memimpin langsung pengamanan jalannya Prosesi Kundur Gongso yang dilaksanakan di Pogung Masjid Gedhe Kauman pada selasa malam,(20/11).

Prosesi ini adalah kembalinya Gamelan Sekati pusaka yaitu Kyai Guntur Madu dan Kyai Naga Wilaga ke Kraton Yogyakarta setelah dimainkan selama satu minggu jelang Maulud Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Dengan berlangsungnya Prosesi Kundur Gongso menandai berakhirnya Perayaan Sekaten 2018. Prosesi yang diawali dengan dimainkannya gamelan untuk yang terakhir kalinya ini mengundang ribuan warga untuk datang menyaksikan.

Prosesi yang dimulai dari pukul 22.00 WIB ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh abdi dalem di Pogung Masjid Gedhe Kauman.  Setelah itu barulah prosesi dilaksanakan dengan cara mengarak gamelan Sekati oleh pasukan Gladag (konco abang).

Udhik-udhik merupakan prosesi berbagi sedekah Sang Raja Yogyakarta Sri Sutan HB X kepada rakyatnya. Setelah prosesi udhik-udhik maka seleuruh gamelan akan dirakit untuk dibawa kembali  ke dalam Kraton.

Pada keesokan harinya,rabu(21/11) akan dilangsungkan Upacara Grebeg Maulud sebagai puncak hari perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Upacara Grebeg akan dimulai dengan keluarnya tujuh gunungan menuju Masjid Gedhe Kauman,Kepatihan dan Puro Pakualam untuk dirayah atau diperebutkan oleh warga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel