Bhabinkamtibmas Wirogunan Hadiri Sosialisasi Pencegahan Human Trafficking


Mergangsan- Bhabinkamtibmas kelurahan Wirogunan Aipda Restu Basuki menghadiri sosialisasi pencegahan human trafficking di pendopo kelurahan Wirogunan, Kamis (16/02/2018).

Sosialsiasi yang dibuka oleh Lurah Wirogunan tersebut mendatangkan narasumber ibu Sita Setyorini dari Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Yogyakarta. Upaya ini merupakan langkah awal untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencegah sedini mungkin human trafficking atau perdagangan manusia.

Menurut narasumber perdagangan manusia merupakan bentuk jual beli terhadap manusia, dan juga ekploitasi terhadap manusia seperti pelacuran (bekerja atau layanan paksa),perbudakan, juga perdagangan atau pengambilan organ tubuh manusia.

Dalam sambutannya ia menyampaikan hal ini sudah sangat menyedihkan bagi orang-orang terutama bagi kaum perempuan dan anak yang mengalami Human Trafficking atau Perdagangan Manusia, mereka sering ditawari dengan gaji yang besar jika bekerja di luar negri, namun mereka malah di siksa dan juga dianiaya.

"Untuk mengantisipasi perdagangan manusia, kita jangan mudah percaya dengan ajakan orang yang belum kenal. Sebaiknya kita perlu waspada, telusuri latar belakang maksud dan tujuan ajakan juga orang yang mengajak" jelas Ibu Sita.

Dihadiri oleh kurang lebih 50 orang terdiri dari kelompok PKK Wirogunan, Ketua RT, ketua RW dan warga, kegiatan berlangsung aman dan tertib.