Puluhan Sepeda Motor Rusak Akibat Ambrolnya Kanopi di Apotik Jalan Cokroaminoto Yogyakarta


Wirobrajan- Warga sekitar Jalan HOS Cokroaminoto dikejutkan dengan insiden ambruknya tembok dan kanopi salah satu yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto Pakuncen Wirobrajan Kota Yogyakarta pada Selasa (13/02/2018) sore. Meski tidak ada korban jiwa namun 21 sepeda motor yang terparkir tepat di bawah bangunan rusak akibat kejadian tersebut.

Kapolsek Wirobrajan, Kompol Endang Sulis Kurniati ditemui di lokasi kejadian mengatakan setidaknya ada 21 sepeda motor yang rusak akibat tertimpa tembok semen dan kanopi.

Sesaat setelah kejadian, polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan pengamanan TKP dan membantu pengaturan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan karena banyaknya warga yang berkerumun di sekitar lokasi kejadian.

“Tim gabungan dari BPBD DIY dan Pemadam Kebakaran cukup lama melakukan evakuasi untuk menyingkirkan material dan mengevakuasi sepeda motor,” ungkapnya.

Meskipun masih dalam penyelidikan, namun Kompol Endang menduga ada kegagalan konstruksi bangunan yang sebenarnya masih berumur cukup muda antara 4-5 tahun.

“Dugaan awal kegagalan konstruksi karena kalau dilihat tembok langsung ambrol tanpa ada penyangga apapun, tapi nanti lebih dalam akan kami lakukan pendalaman termasuk memeriksa pemilik bangunan,” sambungnya.

Sementara terkait pertanggungjawaban bagi sepeda motor yang mengalami kerusakan, pihak kepolisian akan membantu memediasi antara pemilik bangunan dengan pemilik kendaraan. “Sepenuhnya tanggungjawab pemilik dan pengelola bangunan ini, namun seperti apa mekanismenya nanti biar dibahas bersama-sama,” ungkapnya lagi.