Jogja International Batik Biennale 2018 Dibuka Langsung Oleh Mendikbud


Yogyakarta- Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini, S.IK menghadiri pembukaan Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Rabu (03/09/2018).

Pembukaan JIBB ini dihadiri oleh Muhadjir  Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Presiden Regional World Craft Council (WCC) Asia Pacific Dr. Gadha Hijjawi,(3/10). Mendikbud mewakili Presiden RI yng direncanakan hadir memberi sambutannya. Dalam sambutannya Mendikbud memberikan apresiasi yang baik atas terselenggaranya JIBB tahun ini di Yogjakarta.













Pada kesempatan tersebut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X memberkan sambutannya. Ia mengatakan harapan setelah dibukanya acara ini diharapkan perancang - perancang batik lebih ber inovasi dengan Innovation for sustainable future. Agar Jogja tetap bertahan untuk menyandang kota batik dunia. Tidak lupa saya dan masyarakat yogyakarta mendoakan korban gempa dan tsunami di palu, donggala dan sigi agar tetap tabah dan bangkit kembali supaya bisa untuk melanjutkan kehidupan.

Mendikbud Muhajjir Effendy menyampaikan permintaan maafnya atas ketidakhadiran Presiden Joko Widodo dikarenakan presiden sedang tugas menangani bencana Palu dan Donggala.

Pernyataan Presiden yang dibacakan oleh Mendikbud mengatakan," Bahwa Batik adalah sejarah dari Kerajaan Mataram sejak dulu oleh karena itu Yogyakarta sudah selayaknya dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia,"ujar Mendikbud dalam sambutannya.

Selanjutnya Mendikbud membuka JIBB di Pagelaran Keraton dengan membatik menggunakan canting yang didampingi oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.


Setelah membuka secara resmi JIBB,Mendikbud beserta Gadha Hijjawi didampingi Sri Sultan dan Kanjeng Ratu Hemas  berkeliling Pagelaran Keraton untuk melihat jenis-jenis motif Batik yang dipamerkan oleh UKM Batik Indonesia. Terdapat sekitar 20 stand UKM yang dipamerkan pada saat pembukaan JIBB tahun ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel