Berikan Pembinaan dan Penyuluhan, Bripka Sujiman : Linmas Miliki Peran Penting Saat Pemilu


Pakualaman- Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwokinanti Bripka Sujiman bersama Plt Kabid Linmas Kota Yogyakarta Budi Santosa memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap anggota Linmas Kelurahan Purwokinanti, Selasa (30/10/2018).

Kegiatan pembinaaan dan penyuluhan yang digelar di Pendopo Pujowinatan RW 09 Purwokinanti, digelar dalam rangka persiapan menjelang Pemilu 2019.

Sebanyak 25 anggota Linmas Kelurahan Purwokinanti diberikan poin-poin penting dalam menjalankan tugasnya demi terwujudnya pemilu yang aman dan damai.

Bripka Sujiman menjelaskan, peran Linmas dalam hal ini, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban sehingga pada saat hari pemungutan suara dilkasanakan, tidak ada pengguna hak pilih yang merasa tidak aman dalam proses pengambilan hak suaranya di TPS.

Pada pelaksanaannya, Sesuai dengan peraturan KPU 2 (dua) petugas Linmas akan ditempatkan dipintu masuk dan pintu keluar TPS. Mereka akan membantu mengamankan dan mengontrol keamanan juga ketertiban, pada saat proses berjalannya pemungutan suara, tidak sampai disitu seorang Linmas juga dituntut untuk paham dan tahu tatacara dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Bhabinkamtibmas Purwokinanti juga menambahkan terkait hal tersebut, Linmas harus bekerja sama dengan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Meski berada di tingkat paling bawah dari hierarkis penyelenggra Pemilu, KPPS merupakan ujung tombak bagi suksesnya penyelenggaraan Pemilu, maka peran Linmas pun secara otomatis akan sangat vital.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel