Polsek Kraton Amankan Jalannya Prosesi Jamasan Kereta Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat


Kraton- Jajaran Polsek Kraton melaksanakan pengamanan prosesi Jamasan atau pembersihan dua kereta milik Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dilakukan oleh para abdi dalem keraton. Dua kereta itu adalah Kanjeng Nyai Jimat dan Kereta Kyai Manik Retno.

Prosesi jamasan kereta ini berlangsung di Museum Kereta Keraton Ngayogyakarta, di Museum kereta Kraton, Selasa (02/10/2018). Prosesi jamasan bertepatan dengan hari pasaran Selasa Kliwon yang jatuh di bulan Sura.

Kereta utama yang dijamas yakni Kanjeng Nyai Jimat. Kereta ini dibuat pada masa Sultan Hamengku Buwono I. Kereta ini dijamas oleh para abdi delam di sebelah selatan museum. Sementara Kereta Kyai Manik Retno yang dibuat masa Hamengku Buwono IV dijamas persis di depan museum.

Selanjutnya Sesepuh Abdi Dalem yaitu Panewu Roto Mulyono memulai menyiram Kereta dan menggosok dengan kain putih dilanjutkan oleh Abdi dalem yg lainnya secara bersama - sama dan masyarakat yg hadir berusaha mendapatkan air siraman kereta serta kain putih yang di yakini masyarakat untuk Ngalap Berkah.

Warga Yogyakarta maupun warga luar daerah datang berbondong-bondong melihat prosesi jamasan. Banyak warga tersebut juga ada yang membawa jerigen.

Selain jerigen, di antara ratusan warga yang mengantri di pintu sisi selatan museum juga ada yang membawa cangkir. Wadah yang mereka bawa ini digunakan untuk mengambil air sisa jamasan yang dikumpulkan. Sebab warga meyakini sisa air jamasan mengandung berkah.










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel