Personel Polresta Yogyakarta Berikan Pengamanan Pada Kegiatan Grebeg Besar Kraton Yogyakarta



Yogyakarta-Jajaran Personel Polresta Yogyakarta melaksanakan pengamanan Grebeg Besar dalam rangka memperingati hari Raya Idhul Adha 1440 H yang bertempat di Kraton Yogyakarta dan Masjid Gede Kauman, Senin(12/08/2019)

Kegiatan Grebeg Besar yang diadakan setiap tyahunya oleh Kraton Yogyakarta selalu mengundang animo masyarakat, baik itu masyarakat sekitar maupun wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk itu dibutuhkan pengaman darti pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Adapun Gunungan yang dikeluarkan oleh Kraton dalam Grebeg Besar terdiri dari 7 gunungan yang terdiri dari lima jenis gununggan yaitu Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Gepak, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan.

Ketujuh gunungan tersebut di atas nantinya 5 gunungan dibawa ke Masjid Gede Kauman, 1 gunungan dibawa ke Kepatiham, 1 gunungan dibawa ke Puro Pakualaman yang di kawal oleh 9 Bregodo Prajurit Kraton.

Setelah sampai di tempat masing masing ke 7 Gunungan tersebut nanti nya akan diberi doa setelah itu akan diperebutkan oleh pengunjung Grebeg Besar sebagai ungkapan rasa sukur dan sedekah Kraton Yogyakarta untuk rakyatnya.

Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti S.I.Kom menyampaikan bahwa Polresta Yogyakarta menerjunkan personelnya ke titik titik rawan keramaian pada kegiatan Grebeg Besar, tujuanya adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat atapun wisatawan yang ingin melihat Grebek Besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel