Tuesday 13 December 2022

Polsek Umbulharjo Lakukan Pengamanan Upacara Hari Nusantara di Mandala Krida Yogyakarta


Umbulharjo - Pada hari Selasa 13 Desember 2022 jam 08.00 s/d 08.45 wib, di stadion Mandalakrida Semaki Umbulharjo Yogyakarta telah berlangsung Upacara Hari Nusantara 2022 dengan tema "Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat" yang diikuti 700 peserta, selaku Irup Kolonel Laut (KH/W) Damayanti S.H, M.H (Danlanal DIY). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh m Hida TY (Wakil Ketua DPRD Propinsi DIY), Kombes Pol Noorodin (DirPolAirud), Supriyanto ( Kajati), Budi Arifianto (Korem 072/Pmk), Supratman (Lanud  Ads), Lilik A (BPBD DIY) dan OPD DIY.

Untuk susunan peserta upacara yaitu
a.Korsik
b. Paduan suara
Peserta upacara:
1) 1 SST Taruna AAU
2)1 SST Korem 072/PMK
3) 1 SST Lanal Yogyakarta
4)1 SST Lanud Adisutjipto
5) 1 SST Polda DIY
6) 1 SST Dit Pol Air Polda DIY 
7) 1 SST PNS Pemda DIY
8) 1 SST Satpol PP DIY
9) 1 SST Basaras
10)1 SST STIMARYO
11) 1 SST Sekolah Pramugari Pelita Aviation
12) 1 SST FKBN Bela Negara
13) 1 SST SMK 1 Tanjungsari
14) 1 SST SMK 1 Sanden
15) 1 SST SMK Putra Samudra
16) 1 SST SMK Negeri 2 Yogyakarta
17) 1 SST Pramuka 1 SST Pelajar SMP 

Adapaun rangkaian upacaranya sebagai berikut
1. Penghormatan pasukan Laporan Komandan Upacara
2. Pengibaran Sang Merah Putih diringi lagu indonesia Raya 
3.Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
4. Pembaca'an Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara
5.  Amanat
6.Pembaca'an Pembukaan UUD 1945 dan
Pembacaan Naskah Deklarasi Djoeanda
7. Menyanyikan lagu Mars Negara Kepulauan
8. Pembacaan Doa 
9 Andhika Bhayangkari Laporan Komandan Upacara
10. Penghormatan Pasukan
11.Acara Penutup.


Dan berikut amanat upacara yang disampaikan oleh Inspiktur upacara Kolonel Laut (KH/W) Damayanti S.H, M.H (Danlanal DIY) yaitu
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua. 

Para Peserta Upacara beserta Hadirin, Tamu Undangan sekalian yang Saya hormati, 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2022 dalam keadaan sehat wal’afiat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. 

Peringatan Hari Nusantara digelar setiap tahun pada tanggal 13 Desember sebagai bentuk dedikasi mengenang Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957. Tahun ini, peringatan Hari Nusantara secara nasional dilaksanakan di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Peringatan Hari Nusantara merupakan salah satu program nyata dari Nawa Cita ke-3 pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran serta program tol laut, baik saat ini maupun pada tahun-tahun yang akan datang. Sehingga pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Sejalan dengan visi pemerintah tersebut, Saya selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta telah memberikan arahan pembangunan DIY yang tercantum pada visi Gubernur periode 2022-2027 adalah kelanjutan visi pembangunan DIY periode sebelumnya yaitu “Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Yogya”. 

Tema tersebut kembali diangkat karena dianggap masih sangat sesuai dengan isu-isu terkini maupun posisi Yogyakarta ke depan dalam konteks nasional maupun global. Visi tersebut menekankan bahwa samudera merupakan sumber bagi peradaban baru, yang merupakan kelanjutan dari visi RPJMD 2012-2017, terutama kaitannya dengan penekanan menghidupkan kembali Visi Maritim.
Samudera Hindia dipahami sebagai wilayah “hidup, kehidupan dan penghidupan” baru, sehingga wilayah ini diletakkan sebagai sumberdaya baru, sebagai daya hidup dan daya kembang baru bagi Yogyakarta, untuk bergerak maju, mandiri, dan sejahtera di masa depan. 

Beberapa isu terkini yang menyangkut Samudera Hindia dan telah menjadi perbincangan aktual oleh negara-negara IORA (The Indian Ocean Rim Association) dan relevan dengan posisi Yogyakarta yang memangku Samudera Hindia adalah Blue Economy, Collaboration and Global Governance, dan The Maritime Silk Road. 

Oleh karena itu, sejalan dengan peringatan Hari Nusantara Tahun 2022 marilah kita jadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan dan dapat mengelola potensi sumber daya alam maritim untuk kesejahteraan masyarakat. 

Akhir kata, Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi seluruh komponen yang telah berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Nusantara Tahun 2022. Mari terus membangun laut di berbagai tempat, ruang dan waktu, serta menjadikan laut sebagai tumpuan masa depan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, memberkahi perjuangan kita untuk mewujudkan negara maritim yang maju, kuat, dan mandiri. 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Dalam kegiatan tersebut Personil Polsek Umbulharjo melaksanakan pengamanan dan membantu penyebrangan peserta upacara agar kegiatan berlangsung aman dan lancar.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top