Polresta Yogyakarta Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019



Yogyakarta-Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, Polresta Yogyakarta menggelar latihan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota yang bertempat di beberapa titik di Wilayah Kota Yogyakarta, Rabu(13/03/2019)

Sementara itu, dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan adanya ancaman dan gangguan Kamtibmas saat pelaksanaan rangkaian Pemilu tahun 2019. Dimana, Polisi mulai mengambil langkah-langkah dari tindakan prefentif yang sampai akhirnya harus dilakukan tindakan tegas.

Disimulasikan asumsi " Rusuh Massa / Teror di Surakarta yang bertempat di Kota Yogyakarta ".

Melihat kejadian tersebut, Anggota Kepolisian yang berjaga langsung mengamankan situasi. Namun, massa dari simpatisan partai politik maupun ormas yang semakin bertambah itu tak hanya tinggal diam. Personil Gabungan Rayonisasi (Polsek Tegalrejo, Polsek Jetis dan Polsek Gedongtengen) dan mendapat tenaga bantuan dari Polresta Yogyakarta yang ingin menghalau justru mendapatkan serangan.

Melihat situasi yang semakin tidak kondusif, Personil Gabungan Rayonisasi akhirnya mengamankan para pelaku provokator yang berusaha untuk membuat massa semakin anarkis. Setelah Ketua Kelompok berhasil diamankan kemudian kelompok massa berangsur angsur meninggalkan lokasi.

Dalam pelaksanaanya seluruh jajaran bertindak sesuai tugas dan fungsinya baik dari jajaran Unit Bhabinkantibmas, Unit Intelkam, Unit Sabhara (Patroli) dan Reskrim. Peralatan taktis di jajaran Polresta Yogyakarta pun juga dipergunakan dalam latihan Sispam Kota ini.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini S.Ik menyampaikan  perlu dipahami bersama bahwasannya Pemilu 2019 kita mempunyai tugas yang sangat berat karena pelaksanaan Pilpres dan Pileg dilaksanakan secara serentak dan akan menimbulkan kerawanan yang sangat tinggi khususnya pada saat distribusi surat dan kotak suara, pemungutan serta penetapan hasil Pemilu 2019 dan pasca pelaksanaan Pemilu itu sendiri, "jelasnya.

Selain itu juga mengatakan, untuk mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personil maka diperlukan latihan, salah satunya adalah Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), ini merupakan bentuk latihan ketika situasi keamanan di Wilayah Kota Yogyakarta menjadi tidak kondusif (anarkis massa), dampak dari Pemilu 2019 maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang-undang dan protap yang berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel