Talk Show RRI Pro 191,1 FM, Kabag Ops Polresta Yogyakarta Sampaikan Persiapan Pengamanan Pemilu 2019


Yogyakarta- Polresta Yogyakarta melaksanakan talk show dalam acara Halo Polisi di RRI Pro 191,1 FM Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta pada Selasa (26/3/2019) pagi.

Bertindak sebagai narasumber Kapolresta Yogyakarta yg diwakili oleh' Kabag Ops Polresta Yogyakarta Kompol Aji Hartato, S.Pd. dan Kasubbag Humas Polresta Yogyakarta Iptu Sartono menyampaikan terkait dengan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Kota Yogyakarta.

Menurut Kompol Aji Hartato, S.Pd. jajaran Polresta Yogyakarta sudah melakukan pengamanan serangkaian pemilu 2019 sejak tahapan awal dan saat ini sedang berjalan kampanye terbuka yang sudah dimulai tanggal 24 Maret 2019 lalu.

"Dalam pengamanan kaitannya dengan pemilu, kita menyesuaikan dengan kekuatan massa dan pengamanan sudah ada standar operasional antara perbandinga jumlah personel dan jumlah massa" terangnya.

Di Kota Yogyakarta terdapat 1373 TPS yang tersebar di 14 kecamatan meliputi 4 skala kerawanan yakni kurang rawan, rawan, sangat rawan dan daerah khusus. Dengan skala kerawanan tersebut sudah diploting dengan kekuatan pengamanan personel sesuai dengan sop yang ada.

Kompol Aji Hartato menambahkan, dalam tahapan pemungutan suara nantinya masih tetap dalam ranah pengamanan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang kemungkinan terjadi.

"Saat pencoblosan kita akan siaga 1, termasuk penghitungan suara dari TPS hingga ke KPU" imbuhnya.

Sementara Kasubbaghumas Polresta Yogyakarta Iptu sartono, menyampaikan peran serta Humas Polresta Yogyakarta dalam Ops Mantab Progo 2019 memiliki dua peran yakni pengumpulan data meliputi dokumentasi dan evaluasi data. "Selanjutnya  setelah data terkumpul kita akan mempublikasikan ke masyarakat dan selain itu memberikan himbauan-himbauan kamtibmas jelang Pemilu 2019" imbuhnya.

Ia menambahkan terkait dengan penyebaran hoaks perlu kita terapkan prinsip sharing sebelum saring. Kami juga mensikapi hoaks dengan baik. Sejauh ini di Kota Yogyakarta informasi tidak benar adanya masih bisa diklarifikasi belum sampai ke ranah hukum.

"Dalam kejahatan siber kita juga sudah memiliki pasukan siber dengan istilah Cybertroops yang beranggotakan 70 personel Polresta Yogyakarta" imbuhnya.

Kompol Aji Hartato menambahkan rombongan massa yang melakukan kampanye di jalan raya sudah kami lakukan razia mulai dari titik awal kumpul sampai ke lokasi kampanye yang dituju sehingga masyarakat tidak resah dengan adanya massa yang membawa sajam dan tongkat.

"Ratusan knalpot blombong selama rangkaian kampanye berhasil kami amankan dan prosentasi knalpot blombong juga sudah menurun drastis." terangnya.

Persiapan pengamanan pemilu 2019, Polresta Yogyakarta juga telah melakukan latihan sispamkota dengan instansi terkait untuk mengantisipasi kerusuhan.


Di akhir pesannya, Kabag Ops mengajak warga masyarakat agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban terutama bagi peserta pemilu melakukan kampanye dengan etika yang baik supaya menjaga keamanan di jalan dan karena ini harapan besar masyarakat.

"Mari kita sukseskan dan jaga kondusifitas pemilu 2019 demi terwujudnya pemilu yang aman, damai dan sejuk" tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel