Friday 14 August 2020

Kapolsek Jetis Hadiri Sosialisasi Pengendalian Demam Berdarah di Kecamatan Jetis


Jetis- Sosialisasi Pengendalian Demam Berdarah Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Gowongan Penumping JT.III/210 Yogyakarta, Jumat (14/08/2020).


Dalam sosialisasi tersebut hadir Kapolsek Jetis AKP Rony Are Setia, S.I.K.,M.M, Kepala UPT Puskesmas Jetis dr.Ani Mufida Sari, Lurah Gowongan Drs. Gunawan Wibisono, Bhabinkamtibmas Kelurahan Gowongan Aiptu Suwarso dan Babinsa Koramil 01 Jetis serta Tokoh Masyarakat Gowongan.


Kegiatan diawali Sambutan Lurah Gowongan Drs. Gunawan Wibisono, disampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak / Ibu dalam Sosialisasi Nyamuk Wolbachia sebagai upaya pencegahan Nyamuk DBD yang akan disampaikan dari Tim Puskesmas Jetis.


Dilanjutkan Sambutan Kapolsek Jetis AKP Rony Are Setia, S.I.K.,M.M, disampaikan perkenalan selaku Kapolsek Jetis baru, mengajak peserta yang hadir untuk menyimak Sosialisasi dengan seksama dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.


Sosialisasi pengendalian demam berdarah ini  dengan menggunakan Metode Wolbachia. Menurut  Ka UPT Puskesmas Jetis,  Sosialisasi Nyamuk Wolbachia ini dimaksudkan untuk menekan populasi atau pertumbuhan nyamuk DBD. Wolbachia adalah sejenis bakteri yang hanya bisa hidup di dalam sel-sel hewan serangga dan tidak berbahaya bagi manusia.


Metode Wolbachia ini terbukti sangat efektif dan efisien dalam menekan angka pertumbuhan nyamuk DBD. Sesuai grafik bahwa angka kasus DBD di wilayah bumijo tahun 2020 hanya 9 kasus.


Dalam proses aplikasi penerapan metode Wolbachia sangat mudah dan sederhana yaitu menempatkan ember kecil yang sudah ditebar telur Wolachia di tempat yang strategis untuk pertumbuhan atau perkembangbiakan nyamuk.


Untuk kelurahan Gowongan akan ditempatkan 49 titik di RT, RW yang dapat dipantau oleh petugas kesehatan sesuai ember berisi bakteri wolbachia.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top