Friday 14 April 2023

Polsek Pakualaman Patroli Dengan Sasaran Prioritas Perbankan Dan ATM


Personil gabungan fungsi Polsek Pakualaman Polresta Yogyakarta dipimpin oleh Aiptu Sukadi melaksanakan patroli malam dengan sasaran prioritas perbankan dan beberapa lokasi ATM yang ada di wilayah hukum Polsek Tegalrejo, Kamis 13/04/2023 malam.


Giat patroli ini selain untuk mencegah terjadinya kejahatan jalanan juga mencegah tindak pidana di counter ATM.


Aiptu Sukadi mengatakan, kita selalu mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat bertransaksi di ATM untuk menghindari tindak pidana modus ganjal ATM maupun menukar kartu ATM. 


Jika ingin menarik uang atau bertransaksi pada mesin ATM, hendaknya pilih lokasi yang aman dan ada petugas keamanan internal layaknya Satpam.


Kemudian, masyarakat harus memperhatikan kondisi di sekitar ATM. Jika ada yang mencurigakan seperti ada orang yang tengah mengintai, atau ada tempelan kertas yang menyatakan harus menghubungi nomor telpon tertentu bila mengalami masalah saat bertransaksi, di mana nomor tersebut diragukan kebenarannya.


"Saat memasukkan PIN ATM usahakan posisi tombol tidak terlihat oleh camera CCTV atau orang lain yang berada disekitar anda," lanjutnya.


Yang paling penting, dan kerap terjadi sesaat sebelum modus pencurian dilancarkan pelakunya, bila kartu tersangkut di mesin ATM, cek kondisi lobang tempat memasukkan kartu tersebut.


Apakah ada benda yang mengganjal atau tidak. Terlebih, jangan meminta bantuan kepada orang yang bukan petugas resmi. Masyarakat bisa memanggil atau meminta bantuan Satpam yang berpakaian dinas yang ada di sekitar lokasi.


Tak hanya itu, masyarakat sebaiknya tidak memberitahu nomor PIN kartu ATM kepada siapapun, kecuali kepada orang yang sudah dikenal dan dipercaya untuk menarik uang.


"Jangan percaya dengan pemberitahuan lewat pesan SMS, WA, BBM atau Telepon yang menginformasikan anda mendapat hadiah dan meminta untuk membayar biaya administrasi melalui transfer ATM, atau menyuruh anda mengecek uang masuk di rekening anda atas panduan orang yang tidak anda kenal melalui telepon," sambungnya. (Humas Polsek Pakualaman)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top