Wednesday 7 September 2022

Bhabinkamtibmas Wirogunan Monitoring Pelatihan Pembuatan Pupuk Trichoderma Di Kampung Binaannya


Mergangsan. Bhabinkamtibmas Kelurahan Wirogunan Polsek Mergangsan Bripka Ervan melakukan monitoring kegiatan pelatihan pembuatan pupuk yang mengandung Trichoderma berfungsi agar tanah tidak terkena jamur di Kebon Rotu Asri Kampung Wirogunan Mergangsan Kota Yogyakarta. Sebagai narasumber dari penyuluh pertanian swadaya Bapak Eka dan PPL pertanian Kemantren Mergangsan Bapak Wili. Rabu (7/9/2022)

Bripka Ervan Wellis menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas bersama ibu-ibu kelompok tani diajarkan cara pembuatan pupuk dan Trichoderma adalah sejenis cendawan yang dapat menambah kesuburan pada tanah, nantinya, pupuk ini berperan sangat penting dalam pengolahan tanah. upaya ini merupakan salah satu perkembangan pupuk yang dibuat para petani yang biasa digunakan.

Disamping itu pupuk Trichoderma akan meningkatkan efisiensi pemupukan dan pada tanah yang kurang subur, pemberian pupuk Trichoderma akan memberikan hasil yang maksimal daripada pemberian pupuk kimia walaupun dengan jumlah yang banyak. 

Dengan pemberian pupuk ini akan menghemat penggunaan pupuk kimia serta biasanya penyakit layu, tumbuhnya jamur tanah dan busuk pada pangkal batang disebabkan oleh jamur fusarium sangat sulit dikendalikan dengan fungisida kimia. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba mengaplikasikan pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma pada tanaman untuk mencegah penyakit akar, jamur pada tanah dan busuk pangkal batang yang dapat menyebabkan layu tanaman. ucap Bripka Ervan Wellis.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top