Kraton 1 terpukau menyaksikan Gelar Seni Wayang di Sasono Hinggil

         Seni wayang menjadi tontonan warga sejak turun temurun. Dari sekian banyak aneka kesenian, wayang termasuk salah satu kesenian Jawa yang hampir hilang. Dalam mengantisipasi hal tersebut, Dinas pariwisata berinisiatif untuk terus mengembangkan kebudayaan agar tetap melekat dari masa ke masa. Wilayah Kraton ditunjuk menjadi salah satu wilayah yang cocok untuk menyelenggarakan hal tersebut karena akan lebih mudah membawakan suasana untuk kembali ke masa lalu.





           Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti, SIKom diundang untuk melihat salah satu pertunjukkan yang berada di dalam wilayah tugasnnya. Dalam menonton pertunjukan tersebut,beliau ditemani oleh sejumlah tokoh masyarakat salah satunya adalah Gusti Yudho Ningrat. Acara yang bertajuk Gelar Seni Wayang Wong Gagrak Ngayogjokarto diselenggarakan di Gedung Sasono Hinggil Alun Alun Kidul Yogyakarta. Ratusan hadirin merasa terhibur dan terpukau melihat kesenian yang dihadirkan oleh ibu Erlina Hidayat selaku Kepala Dinas Pariwisata pada hari Jumat 21 Juli 2017.

           Pertunjukkan Pagelaran Wayang Wong mengambil tema Dasamuka Gugur yang di ambil dari kisah Mahabarata dan Ramayana. Pagelaran wayang yang menceritakan Kisah perlawanan terhadap penguasa yang sangat jahat, yang hanya mengedepankan nafsu belaka. Dasamuka sendiri diambil dari dua kata yaitu Dasa berarti sepuluh, Muka berati wajah. Diartikan bahwa Rahwana yang memiliki dasamuka memiliki bermacam macam sifat namun cenderung jahat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel