Saturday 14 January 2023

Polsek Pakualaman Kawal Kirab Pergantian Prajurit Dwaja Jaga

 


Sabtu14 Januari 2023, Pukul 16.00 Wib  s/d selesai bertempat di Halaman depan Puro Pakualaman berlangsung kegiatan Upacara pergantian Dwaja Jaga dari Prajurit Plangkir ke Prajurit Lombok Abang.

Sebagai komandan Upacara (Manggolo Yudo) adalah RMR Suryo Kusumo dan sebagai penanggungjawab dalam kegiatan tersebut adalah K.R.T.  Projo Anggono selaku Penghageng Puro Pakualaman.

Kegiatan tersebut  merupakan kegiatan kalender kamtibmas Bulanan atau di laksanakan 1 lapan sekali dalam hitungan Jawa atau 35 hari setiap Sabtu Kliwon yang rutin di adakan oleh pihak Puro Pakualaman dan merupakan salah satu rangkaian Acara Sabtu Kliwon Kadipaten Puro Pakualaman. Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara adat dimana acara tersebut di mulai dengan upacara ganti dwaja pergantian prajurit yang dilaksanakan di Halaman dalam Puro Pakualaman kemudian dilanjutkan dengan acara kirab mubeng beteng, selanjutnya rute dimulai dari Kadipaten Puro Pakualaman keluar jln. Sewandanan ketimur - jln. Harjono ke utara - jl.Purwanggan kebarat - Jln. Harjowinatan - ke selatan dan kembali ke jln. Sewadanan berakhir di halaman depan Puro Pakualaman.

Adapun acara tersebut diikuti oleh sekitar 60 Prajurit, dengan rincian 30 prajurit Plangkir dan 30 Prajurit Lombok Abang. 

Selama giat berlangsung aman dan para penonton tetap menerapkan Protokol kesehatan.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top