Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Srikandi Polwan Polresta Yogyakarta Lakukan PAM PASTI, Beri Rasa Aman Ibadah Sholat Jumat Masjid Gede Kauman

 


Yogyakarta- Guna menjaga keamanan dan kenyamanan dalam beribadah, jajaran personil Polwan Polresta Yogyakarta melakukan pengamanan ibadah Sholat Jumat di Masjid Gede Kauman, Jumat (25/9/2020).


Pengamanan ibadah bertajuk PAM PASTI (Pengamanan Simpatik Tempat Ibadah) ini merupakan program Polresta Yogyakarta dalam rangka memberikan rasa aman saat umat Islam melaksanakan Sholat Jumat.


Dipimpin oleh Iptu Mayar selaku Katim Polwan, pengamanan simpatik ini dimulai sebelum dikumandangkannya adzan Sholat Jumat. Petugas Polwan melakukan siaga di depan Masjid untuk membantu keamanan di kawasan Masjid. Selain itu petugas juga melakukan pengaturan arus lalu lintas dan membantu penyeberangan pejalan kaki para jamaah.


Saat pelaksanaan Ibadah Sholat Jumat di Masjid Kauman, para jamaah yang berdatangan juga menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa peralatan ibadah sendiri. Di dalam masjid juga diatur jarak shaf sholat dan sebelum pintu masjid juga terdapat tempat cuci tangan.



Dalam kesempatan tersebut, Iptu Mayar mengungkapkan jika pengamanan simpatik tempat ibadah ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat umat Islam khususnya laki-laki untuk melakukan ibadah Sholat Jumat.


"Pengamanan yang dilakukan dimulai dari sebelum adzan hingga para jamaah meninggalkan Masjid, hal ini untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas" jelasnya.


"Selain melakukan pengamanan, kami juga memberikan himbauan agar tetap mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.


Ia menambahkan PAM PASTI ini sudah menjadi program Polresta Yogyakarta dan dilakukan rutin setiap hari Jumat saat ibadah Sholat Jumat.