Polsek Jetis Menyapa Masyarakat Dalam Talk Show, Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas


Yogyakarta- Personel Polsek Jetis menyapa masyarakat dalam talk show bertajuk Halo Polisi di Radio Sonora 97,4 fm Jalan Suroto, Kotabaru, Yogyakarta pada Jumat (5/7/2019) pagi.

Bertindak sebagai narasumber yakni Panit Binmas Aiptu Suwarso dan Kasihumas Aiptu Afri menyampaikan pesan kamtibmas terkait dengan situasi kamtibmas di wilayah Jetis dan pembinaan kenakalan dan kriminalitas di kalangan remaja.

Pada kesempatan tersebut petugas mengajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan nyaman. Selain itu petugas juga menghimbau untuk segera melaporkan ke pihak Polisi apabila menemukan gangguan kamtibmas.

Aiptu suwarso Panit Binmas Polsek Jetis mengungkapkan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Jetis relatif aman tidak ada kejadian menonjol namun tetap perlu menjaga keamanan di wilayah.

Kejahatan menurutnya dapat terjadi karena adanya niat dan kesempatan. Disitu peran masyarakat dan dari pihak Polisi selalu mengingatkan untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi.

Sementara menyikapi kenakalan di kalangan remaja, Polsek Jetis juga telah melakukan berbagai tindakan Kepolisian preemtif dan preventif.

Untuk penanganan kenakalan remaja, Polisi khsusnya Polresta Yogyakarta memiliki program SSDP (Satu Sekolah Dua Polisi). Tugas dari SSDP ini bertujuan untuk pengawasan para siswa dalam beraktivitas karena perubahan dari masa anak-anak ke remaja dengan melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah.


"Setiap jam pulang sekolah kita patroli demi kenyamanan masyarakat. Dan menghimbau kepada para siswa untuk segera pulang ke rumah usai bubaran sekolah" jelasnya.

Sementara kenakalan remaja yang disebut sebagai klitih sudah sangat meresahkan masyarakat, dalam bahasa hukum klitih merupakan anirat (penganiayaan berat).

"Dalam hal ini kita lakukan tindakan preemtif preventif dan represif. Kita sampaikan ke warga untuk mengawasi remaja karena pelaku anirat didominasi usia remaja." tuturnya.

"Kami berpesan kepada orang tua untuk mencari tahu dengan siapa anak berteman dan jangan sampai salah pergaulan" tambahnya.

Aiptu Afri Kasihumas Polsek Jetis dalam sesi terakhir memberikan himbauan untuk menjaga kamtibmas karena merupakan tanggung jawab bersama.

"Dari permasalahan kenakalan remaja benteng yang paling utama adalah keluarga. Keluarga mempunyai peran untuk mengawasai bila perlu 24 jam agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan" jelasnya.

"Polsek Jetis juga memiliki langkah upaya Kepolisian untuk menjaga kamtibmas dengan KKYD (Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan) dan segala informasi terkait dengan gangguan kamtibmas segera laporkan ke Polsek Jetis." pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel