Polsek Kraton Lakukan Penyuluhan Peserta Didik Baru SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta


Kraton-Panit Binmas Polsek Kraton Aiptu Sunaryanto dan Bhabinkamtibmas Patehan Brigadir Eko Pambudi memberikan penyuluhan kepada siswa siswi SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang digelar di aula SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, Senin (15/7/19).

Penyuluhan ini dalam rangka Masa Orientasi Siswa bagi peserta didik baru di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Pembinaan dan penyuluhan ini bertajuk Bahaya Narkotika dan Kenakalan Remaja. Dilaksanakannya penyuluhan sekaligus pembinaan tersebut bertujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang beretika dan memliki kedisiplinan tinggi dalam bermasyarakat, salah satunya adalah dengan mensosialisaikan UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan dampak hukum bagi pelaku.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009).

Aiptu Sunaryanto mengungkapkan hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga

"Menyikapi hal tersebut marilah anak-anakku sekalian pahami dan pelajari bahaya akan Narkoba dan jauhi Narkoba dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa" ungkapnya.

Sementara Brigadir Eko Pambudi menyampaikan dengan pembinaan karakter seperti ini perlu dilakukan dengan harapan siswa siswi memiliki bekal pengetahuan, wawasan serta kesadaran untuk menjauhi bahaya narkoba dan kenakalan remaja demi terwujudnya generasi penerus bangsan yang hebat dan unggul.

Dalam akhir penyampaiannya, Brigadir Eko Pambudi menghimbau kepada para peserta didik baru agar dalam bergaul bisa mempertahankan yang sudah baik selama ini dan jangan ikut-ikutan Geng yang berdampak pada kriminalitas yang dapat merusak etika dan moral.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel