Kecepatan Tinggi dan Tak Kuasai Medan, Mobil Pick-Up Terguling di Ringroad Selatan

Yogyakarta- Kecelakaan lalu lintas dialami sebuah mobil pickup Mitsubishi L300 berplat nomor AB-8963-U pada Kamis (6/7/17). Mobil tersebut terbalik setelah menabrak pembatas jalan di jalur lingkar selatan kawasan Giwangan Yogyakarta, tepatnya di tikungan depan pintu masuk Pasar Giwangan.

Meskipun mobil ringsek di bagian kabin depan, namun sopir serta seorang penumpang berhasil selamat dan hanya mengalami luka ringan. Diduga kecelakaan tunggal ini terjadi lantaran sopir tak mampu menguasai mobil saat menikung dengan kecepatan tinggi.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Sutikno menjelaskan jika mobil yang dikemudikan Daryono (45) warga Jombor Sleman ini sebelumnya melaju dari arah barat ke timur dengan kecepatan sekitar 70 km/jam. Saat hendak melintasi tikungan tajam jalan lingkar selatan kawasan Giwangan tersebut sopir tak mengurangi kecepatan dan malah terus menginjak gas dengan kencang.

Ketika berbelok ke kanan mobil mulai oleng dan sopir tak bisa mengendalikan laju kendaraan. Mobil bak terbuka yang sedang tak mengangkut muatan ini akhirnya menabrak pembatas jalan di sisi kanan dan langsung terbalik.

Beruntung saat kejadian lalu lintas sekitar lokasi sedang tidak ramai sehingga tabrakan beruntun dapat terhindarkan. Sopir dan seorang penumpang bernama Prihartono (37) warga Candi Dukuh Sleman berhasil diselamatkan dan hanya menderita luka ringan.

"Baik sopir maupun penumpang dalam kondisi selamat. Diduga sopir tak mampu menguasai laju mobil saat berbelok di tikungan tajam tersebut,” ungkap Kapolsekta Umbulharjo, Kompol Sutikno.

Kecelakaan tunggal ini tak sempat membuat macetkan arus lalu lintas ring road selatan. Mobil yang ringsek segera diderek oleh petugas untuk diamankan di Kantor Unit Laka Lantas Polresta Yogyakarta.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Kapolsek mengimbau kepada warga masyarakat yang akan berkendara untuk menyiapkan beberapa hal di antaranya adalah siap diri, siap kelengkapan dan siap tertib belalu lintas. Selain itu, pastikan pengguna jalan tidak berkecepatan tinggi jika memang belum menguasai medan atau jalan yang dilalui.

"Jangan lupa berdoa sebelum memulai aktifitas atau perjalanan," tutup Kapolsek Umbulharjo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel