Hadiri Pertemuan PKH, Brigadir Eko Pambudi Berikan Pesan Kamtibmas


Kraton- Bhabinkamtibmas Kelurahan Brigadir Eko Pambudi menghadiri pertemuan rutin kelompok 3 Program Keluarga Harapan (PKH) yang diselenggarakan oleh Kemensos di Balai RW 06 Patehan, Kraton, Rabu (27/2/2019).

PKH atau Program Keluarga Harapan sendiri merupakan program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Mereka yang berhak mendapatkan PKH adalah yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Tujuan PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. Dalam jangka pendek program ini bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan bantuan sosial yang diterima hendaknya digunakan sebagaimana mestinya agar bisa memberikan manfaat yang sebaik-baiknya. Disamping itu Brigadir Eko Pambudi menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas dan selalu melaporkan ke pihak Polisi terdekat apabila terjadi tindak kriminalitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel