Wakapolresta Yogyakarta Ajak Elemen Masyarakat Lakukan Deteksi Dini Cegah Kriminalitas


Kotagede- Wakapolresta Yopgyakarta AKBP Ardiyan Mustakim, S.IK bertindak sebagai narasumber dalam acara pembinaan potensi masyarakat dalam kamtibmas di DIY tahun 2019 yang digelar di pendopo Kecamatan Kotagede pada Rabu (20/2/2019).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala bidang linmas DIY Noviar Rahmad, PLT satpol PP kota Yogyakarta Ilham Junaidi, Ketua DPD Hipmikindo Kota Yogyakarta Nuraida dan segenap unsur Forkompimca Kecamatan Kotagede serta peserta sosialisasi dihadiri oleh 60 orang.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolresta Yogyakarta menyampaikan situasi kamtibmas di wilayah Kota Yogyakarta.

Secara umum situasi kamtibmas di Kota Yogyakarta saat ini aman dan kondusif namun dengan aneka ragam dan latar belakang masyarakat timbul kejahatan-kejahatan sperti curanmor, klitih, tawuran dan tindakan yang melawan hukum.

Fenomena lokal yang sangat meresahkan warga saat ini yakni kenakalan remaja usia sekolah dan di Yogyakarta diistilahkan dengan klitih.

Menyikapi hal tersebut Wakapolresta Yogyakarta mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan deteksi dini dengan mengingatkan anak-anak kita untuk tidak kluyuran hingga larut malam.

"Tugas pokok sebagai anggota Polri adalah menjaga Kamtibmas yang salah satu tugasnya adalah deteksi dini dan cegah dini, apabila dari linmas serta ormas menemukan suatu masalah silahkan disampaikan kepada Bhabinkamtibmas." ungkap Wakapolresta Yogyakarta.

Kota Yogyakarta merupakan barometer dan merupakan kota pendidikan, ditahun politik sekarang ini masuk tahap kampanye.

Permasalahan yang ada di Kota Yogyakarta selain klitih yakni penyalahgunaan narkotika, minum minuman keras dan juga berbagai tindakan pungutan liar. Untuk masalah parkir liar Polresta Yogyakarta telah mempunyai program saber pungli untuk mencegah pungutan liar.

"Untuk mencegah itu semua kita mempunyai program kegiatan kepolisian yang ditingkatkan atau disingkat KKYD yang tugasnya antara lain melakukan pembinaan dan penyuluhan serta melakukan penjagaan/patroli di daerah rawan." imbuhnya.




Ia menambahkan, kami selalu siap jika mendapat laporan adanya kejadian kriminal, anggota Polsek terdekat dan Mapolresta Yogyakarta selalu siap 24 jam.

Dalam akhir acara Wakapolresta Yogyakarta mengajak masyarakat saling bekerja sama dalam menangani masalah kriminalitas agar tidak berkembang dan semakin besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel