Wednesday 20 September 2023

Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Narkoba di Kampus AKK Yogyakarta


Pada hari Selasa, 19 September 2023, Panit Binmas Polsek Umbulharjo Aiptu Sukamto bersama anggotanya menjadi narasumber dalam sosialisasi pencegahan dan penanganan perundungan, kekerasan seksual, dan narkoba di Kampus AKK Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) AKS-AKK Yogyakarta.

Dalam sosialisasinya, Aiptu Sukamto menyampaikan bahwa perundungan, kekerasan seksual, dan narkoba merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif bagi korban.

Perundungan dapat berupa kekerasan fisik, verbal, atau emosional yang dilakukan secara berulang-ulang oleh satu orang atau sekelompok orang kepada korban. Kekerasan seksual adalah tindakan yang memaksa atau memperdaya seseorang untuk melakukan hubungan seksual tanpa persetujuan. Narkoba adalah zat yang dapat memengaruhi pikiran, suasana hati, dan perilaku seseorang.

Aiptu Sukamto juga menyampaikan bahwa perundungan, kekerasan seksual, dan narkoba dapat terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan kampus. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengetahui tentang bahaya dari ketiga hal tersebut dan bagaimana cara mencegahnya.

Konsep pencegahan kekerasan seksual adalah upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual dengan melibatkan berbagai pihak, yaitu orang tua, masyarakat, dan negara. Secara garis besar, pencegahan kekerasan seksual dapat dilakukan dengan memaksimalkan pengawasan terhadap dampak negatif media massa, peran aktif orang tua dalam pendidikan seksual, serta menciptakan hubungan harmonis dalam keluarga.

Selain itu, Permendikbudristekdikti Nomor 30 Tahun 2021 juga dapat menjadi instrumen pencegahan kekerasan seksual di kampus. Permendikbudristekdikti ini memberikan hak bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang aman dan kepastian hukum bagi pimpinan perguruan tinggi untuk mengambil tindakan tegas terhadap kasus pelecehan atau kekerasan seksual.

Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh mahasiswa baru. Mereka terlihat antusias mengikuti sosialisasi dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber. (Humas Polsek Umbulharjo)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top