Thursday 14 September 2023

Bhabinkamtibmas Purwokinanti Pantau Giat Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Anjing, Kucing, Dan Kera


Bhabinkamtibmas Purwokinanti, Aipda Sujiman, memantau kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk anjing, kucing, dan kera di RTHP Purwokinanti, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta, Rabu (13/9/2023) siang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, dengan penanggung jawab Bapak Muhammad Arifin, Medik Veteriner Pertama, beserta dua petugas lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, petugas berhasil menyuntik vaksinasi sebanyak 34 ekor hewan, dengan rincian 20 kucing dan 14 anjing.

Kegiatan vaksinasi rabies itu bertujuan untuk mencegah potensi penularan dan mempertahankan status bebas penyakit rabies di Yogyakarta.

Sementara itu, Bapak Muhammad Arifin menjelaskan persyaratan vaksinasi rabies itu yaitu hanya untuk hewan anjing, kucing, dan monyet atau kera, usia minimal 4 bulan, untuk hewan betina tidak menyusui dan sedang hamil, serta kondisinya harus sehat. Sebaiknya minimal seminggu atau tiga minggu sebelum divaksin, hewan diberi obat cacing.

“Karena DIY masih nol kasus rabies, kegiatan ini tujuannya untuk mencegah penyebaran penyakit rabies. Jadi kalau misalnya hewan tergigit anjing rabies nanti bisa tidak tertular,” papar Bapak Muhammad Arifin.

Ia juga menyatakan bahwa setelah divaksin, hewan peliharaan tidak boleh dimandikan dahulu selama beberapa minggu. Itu karena salah satu efek vaksinasi pada anjing dan kucing bisa membuat badan demam. Vaksinasi rabies setidaknya dilakukan berkala satu tahun sekali. (Humas Polsek Pakualaman)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top