Tuesday 19 September 2023

Kapolsek Mergangsan Hadiri Uji Commisioning Hidran Kering Karanganyar


Kapolsek Mergangsan Kompol Sigit Ariyanto Adi, S.ST., M.M. bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Brontokusuman Aipda Widarmono dan Forkopimtren Mergangsan menghadiri kegiatan Uji Commisioning Hidran Kering Karanganyar di RTHP RW. 17 Kelurahan Brontokusuman Mergangsan Kota Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Seksi pencegahan kebakaran dan inspeksi dengan penanggung jawab Plt. Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran. Tujuan kegiatan ini untuk memastikan jaringan hidran yang dibangun di kampung-kampung wilayah Kelurahan Brontokusuman berfungsi memenuhi standar ketentuan dan dapat berfungsi dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pengujian pada satu titik siamese connection dan box hidran. Pengujian di antaranya pada fungsi 3 (tiga) siamese connection, jaringan hidran kering, dan tekanan air yang dikeluarkan dari jaringan hidran. Tekanan air yang dikeluarkan harus memenuhi standar tekanan pemadam kebakaran (PMK) yaitu di atas 4,5 bar.

Kapolsek Mergangsan mengatakan, hidran kering adalah solusi apabila terjadi kebakaran di wilayah padat penduduk seperti di tengah-tengah pemukiman Kota Yogyakarta. Hidran kering juga berfungsi sebagai antisipasi apabila mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke wilayah jika terjadi kebakaran.

Untuk optimalisasi layanan Damkar Mergangsan, sekarang sudah ada pilot project Pos bantu Damkar Mobile yang selalu siap siaga di Kemantren Mergangsan mulai pukul 16.00 - 22.00 WIB.

Kapolsek menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk responsif dan selalu meningkatkan kepedulian akan keamanan di lingkungannya masing-masing serta terkait hal-hal yang harus dihindari guna mencegah terjadinya bahaya kebakaran.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Yogyakarta, Plt. Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Danramil Mergangsan, Kapolsek Mergangsan, Lurah Brontokusuman, Bhabinkamtibmas Brontokusuman, Relawan Pemadam Kampung Karanganyar yang tergabung dalam Redkar, dan tamu undangan 40 orang. (Humas Polsek Mergangsan)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top