Latihkan SAR, Kapolresta Ajak Personel Susur Gua di Tepus Gunungkidul


Untuk meningkatkan kemampuan di bidang search and rescue (SAR), puluhan personel Satsabhara mengikuti pelatihan single rope technique (SRT). Latihan digelar di salah satu gua di kawasan Tepus Gunungkidul pada Jumat (10/11/17) pagi hingga siang.

Dipimpin langsung Kapolresta Komisaris Besar Polisi Tommy Wibisono, S.Ik, satu persatu para personel menuruni gua vertikal menggunakan SRT. Latihan dipandu oleh UnitSAR Ditsabhara Polda DIY dan ASC Yogyakarta.

Kapolresta Yogyakarta mengatakan kegiatan outdoor ini merupakan lanjutan latihan yang digelar selama ini baik di Mapolresta Yogyakarta maupun di Mapolda DIY. Latihan terus digelar untuk meningkatkan profesionalisme personel dalam pelaksanaan tugas khususnya di bidang SAR.

"Jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana dan membutuhkan evakuasi kami siap," ucap Kapolresta.

Selain untuk melatih SRT untuk penanganan SAR, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga kekompakan para personel polisi mengingat semua latihan yang dilakukan adalah kerja tim.

Usai pelaksanaan latihan SRT, puluhan personel Sabhara dan pendamping ini kemudian melaksanakan tracking dan latihan pemetaan medan. Mereka berjalan kaki menyusuri pegunungan sejauh kurang lebih 20Km hingga sampai di Pantai Siung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel