Pengamanan Unjuk Rasa SEDAR "Solidaritas Buruh PT Nanbu"


Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR) menggelar aksi damai di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta pada Kamis (9/11/17) siang.

Massa sebelumnya berkumpul di halaman parkir Abu Bakar Ali (ABA) dan berjalan kaki menuju ke kantor DPRD DIY. Aksi ini digelar mahasiswa sebagai wujud solidaritas untuk mendukung perjuangan buruh PT Nanbu Plastics Indonesia di Bekasi.

Menurut Koordinator Lapangan Sdr Donny bahwa dari 42 buruh PT Nanbu dikenai pemutusan hubungan kerja sebanyak  33 buruh perempuan, sementara sembilan lainnya masih bekerja dengan status buruh kontrak.

Sesampainya di depan DPRD DIY, massa selanjutnya melakukan orasi. Beberapa aspirasi itu di antaranya mengangkat kembali 42 buruh menjadi pekerja dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu untuk diangkat menjadi pekerja tetap. Mereka juga menuntut kepada Disnaker Bekasi dan Kementrian Ketenagakerjaan RI harus memastikan pengawasan dan penegakkan norma ketenagakerjaan di PT.Nanbu Plastics Indonesia. 

Usai melaksanakan aksi di halaman DPRD DIY, mereka melanjutkan aksi dengan longmarch menuju ke titik nol KM Yogyakarta.



Untuk mengamankan jalannya aksi, kepolisian dari Satsabhara dan Polsek Danurejan melakukan pengawalan dan pengamanan di sekitar lokasi. Pengamanan dipimpin Kabagops Polresta Yogyakarta Kompol Aji Hartato, S.Pd.

-b

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel