Saturday 16 September 2017

Polsek Kotagede Kawal Kirab "Kejayaan Mataram"

Warga Kota Yogyakarta antusias sambut Kirab Budaya festival budaya Kotagede 2017 yang digelar pada Sabtu (16/09/2017) sore di kawasan kecamatan Kotagede.

Kirab budaya yang diikuti oleh kurang lebih 500 orang ini mengambil tema "Kejayaan Mataram (Pisowanan agung Ki Ageng Mangir)".
Diikuti oleh 3 kelurahan (wilayah Kotagede) dan 2 desa (wilayah Banguntapan Bantul) menambah semarak pagelaran ini.

Adapun beberapa tokoh yang hadir antara lain Wakil Walikota Yogyakarta Heru Purwadi, Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Kepala Balai Pelestarian Warisan Budaya Yogyakarta, Forkopimka Kecamatan Kotagede, Forkopimka kecamatan Banguntapan.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera oleh Wakil Walikota pertanda kirab budaya dimulai.

Peserta kirab budaya meliputi dari beberapa kelompok buadaya antara lain Rombongan perdikan mangiran, Bregodo kademangan jodog, Bregodo kademangan pandak, Bregodo kademangan cengkiran(bregodo ngeksigondo), Bregodo Kademangan krekah (jagal abilowo), Bregodo kademangan sanden, Bregodo Kademangan Srandakan, Bregodo Kademangan cepit, Bregodo Kademangan patalan

Dimulai Start dari depan kantor BPKCB jalan Tegalgendu - jalan Mondorakan - Pasar Kotagede - jalan Kemasan - jalan Gedongkuning - Finish depan Kantor Kemenkumham DIY.

Dari rute yang dilewati jajaran Personel Polsek Kotagede turut serta melaksanakan pengamanan di sejumlah titik pada persimpangan jalan. Untuk antisipasi kemacetan petugas membantu pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalan yang dilalui untuk pawai.

Acara ini diselenggarakan. dalam rangka untuk menggali nilai-nilai luhur budaya dan sejarah Kotagede serta ajang promosi budaya dan sejarah kotagede.
Festival budaya Kotagede ini rutin diadakan setiap tahun sekali.


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top