Ratusan Warga Saksikan Pagelaran Wayang Kulit "Wisnu Ratu"

Kapolsek Gondomanan Kompol Riyanto dan Kapolsek Kraton Etty Haryanti, S.IKom. hadiri pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho Lakon "Wisnu Ratu" digelar di Dhalem Yudonegaran jalan Ibu Ruswo, Gondomanan, Yogyakarta pada hari Kamis (28/9) malam.

Acara yang di selenggarakan oleh Pemda DIY dalam rangka event Tahunan memperingati Bulan Suci Muharram /Syuro 1439H dan memperingati 10 Asyuro 1439H, di saksikan kurang lebih 200 orang penonton, dengan penanggung jawab Drs GBPH Yudaningrat, MM.

Pagelaran Wayang kulit ini dihadiri oleh beberapa tokoh antara lain Drs GBPH Yudaningrat, MM, Kepala Dinas Kebudayaan, Biro Tapem, Kelapa Biro Kesra, Kepala Dinas Sosial, Kepala kesbangpol, Kepala badan diklat, Kepala Bandan lingkungan hidup, Keluarga dari Puro Pakualaman, Keluarga dari Kraton Ngayogyakarta dan Muspika Kecamatan Gondomanan.

Dalam sambutannya Drs GBPH Yudaningrat, MM menyampaikan "Muharram merupakan bulan yang sangat berpengaruh pada sejarah kehidupan umat Islam. Suatu bulan yang menjadi pembuka tahun dalam kalender Islam, Hijriyah. Suatu bulan yang penuh barokah dan rahmah, karena bermula dari bulan inilah –menurut dunia Islam- berlakunya segala kejadian alam ini. Bulan Muharram juga termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah dalam al Qur’an."

Dilanjutkan dengan doa bersama serta Pagelaran Wayang kulit Semalam Suntuk dengan Dalang Ki Seno Nugroho Lakon "Wisnu Ratu"

Selain untuk memberikan tontonan, acara ini sebagai upaya Pemerintah DIY untuk melestarikan Seni Budaya Wayang Kulit serta untuk melestarikan tradisi Suran yang secara turun temurun dan rutin setiap tahun diperingati oleh kelompok-kelompok masyarakat maupun Pemerintah DIY

Yang menjadi spesial pada acara ini ialah jajanan pasar, berupa angkringan gratis diperuntukan bagi para penonton.